Turis Korsel Dijambret, Amsakar Minta Dinas Pariwisata Berbenah

Turis Korsel Dijambret, Amsakar Minta Dinas Pariwisata Berbenah

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

Batam - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad angkat bicara menyusul terjadinya penjambretan terhadap seorang wisatawan mancanegara asal Korea Selatan di kawasan Batam Centre, kemarin.

Amsakar meminta Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Batam berbenah dan menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak untuk memastikan keamanan bagi para wisatawan yang berkunjung.

"Kami minta Dispar komunikasi lebih intens dengan aparat. Tidak boleh terjadi kasus kriminal terhadap wisatawan," kata Amsakar, Rabu (3/7/2019).

Aksi kriminal yang menimpa wisatawan, lanjut Amsakar, sudah tentu mencoreng citra Kota Batam yang kini tengah bermetamorfosa menjadi kota pariwisata dari industri manufaktur.

"Satu kejadian kriminal terhadap wisatawan, dapat mencoreng dunia pariwisata Batam," ucapnya. 

Bagi dia, satu kejadian tidak mengenakkan bagi wisatawan, gaungnya akan tersebar kemana-mana. Sehingga, untuk mengembalikan citra Batam sebagai kota aman bagi turis butuh waktu yang tak sebentar.

Baca: Penjambretan Turis Korsel Berdampak Buruk Bagi Pariwisata Batam

Sementara itu, hingga pertengahan tahun ini kunjungan wisatawan Korea Selatan ke Batam mengalami penurunan. Dari data BPS, jumlah wisman dari Korsel turun dari 3.264 menjadi 2.919 orang. 

Selain Korea Selatan, kunjungan wisatawan asal Singapura, juga turun dari 81.612 pada April 2019, menjadi 73.255 orang. Penurunan sekitar 8.257 orang. 

‎Untuk tahun yang sama, dibanding bulan sebelumnya, wisman dari Malaysia juga mengalami penurunan, dari 17.200 orang April 2019, menjadi 15.048 orang. Demikian dengan India yang turun dari 7.605 menjadi 6.724 orang. 

Penurunan juga terjadi untuk wisman Inggris dari 1.605 menjadi 1.397 orang serta dari Amerika Serikat, dari 1.188 turun menjadi 1.134 orang.‎ Demikian dengan negara-negara lain, yang jumlahnya turun dari 29.344 menjadi 29.210 orang.

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews