Dinkes Genjot Persiapan Tiga Puskesmas di Lingga Menuju Akreditasi

Dinkes Genjot Persiapan Tiga Puskesmas di Lingga Menuju Akreditasi

Workshop keselamatan pasien bagi puskesmas yang digelar DKPPKB Lingga merupakan salah satu langkah persiapan menuju proses akreditasi (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Tahun ini, tiga puskesmas di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan mengikuti proses akreditasi. Ketiga puskesmas tersebut yakni, Puskesmas Lanjut, Posek dan Resang yang hingga kini belum terakreditasi baik dasar, madya maupun utama.

Persiapan pun sudah mulai dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, dengan cara menggelar workshop keselamatan pasien bagi puskesmas tersebut, yang digelar di Hotel One, Dabo Singkep, 1-3 Juli 2019.

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Ahmad Mudlofir mengatakan, adapun tujuan workshop tersebut yakni, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien di puskesmas.

"Kemudian, tujuan lainnya juga untuk meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan keselamatan pasien dan menurunkan risiko di puskesmas," kata dia kepada Batamnews.co.id, Rabu (3/7/2019).

Ia menjelaskan, pelaksanaan workshop tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien. Yaitu suatu sistem yang membuat pasien lebih aman, meliputi assesmen risiko, identifikasi pengelolaan risiko pasien serta pelaporan dan analisis insiden.

"Jadi, selain diikuti tiga puskesmas yang akan mengikuti proses akreditasi, workshop ini juga mengikut sertakan tiga puskesmas yang akan melaksanakan re-akreditasi pada tahun 2020, yakni Puskesmas Dabo Lama, Raya dan Puskesmas Penuba," ucapnya.

Diketahui, adapun narasumber yang didatangkan pada kegiatan workshop keselamatan pasien bagi puskesmas tersebut, berasal dari Tim Pendamping Akreditasi FKTP Provinsi Kepulauan Riau.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews