RSUD Encik Mariyam Trakreditasi Bintang Tiga, Dinkes Lingga: Semua Berkat Kerjasama

RSUD Encik Mariyam Trakreditasi Bintang Tiga, Dinkes Lingga: Semua Berkat Kerjasama

Tim Surveior bersama Dinkes Lingga, Direktur RSUD Encik Mariyam dan pegawai beserta staff saat proses akreditasi rumah sakit tersebut beberapa waktu lalu (Foto:ist)

Lingga - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Encik Mariyam, Daik Lingga, saat ini sudah terakreditasi madya atau bintang tiga. Hasil ini didapat usai RSUD tersebut mengikuti proses akreditasi yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), pada 20-22 Juni lalu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, dr Asri Wijaya melalui Kasi Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, hasil positif yang didapat tersebut tak lepas dari dukungan semua pihak, termasuk pimpinan daerah.

"Semua berkat kerjasama dan tak lepas dari dukungan dan peran Pemda Lingga, yang di wakili oleh Pak Wakil Bupati, Muhammad Nizar. Beliau memberikan dukungan penuh proses akreditasi tersebut," kata Mudlofir kepada Batamnews.co.id, Senin (1/7/2019).

Ia menjelaskan, saat tim surveior menggali komitmen pemerintah daerah sebagai pemilik RSUD Encik Mariyam, dalam rangka peningkatan mutu pelayanan. Baik di segi managemen, pelayanan medis, pelayanan keperawatan, dukungan anggaran untuk sarana prasarana, alat kesehatan, obat-obatan dan peningkatan kapasitas tenaga medis dan para medis di RSUD tersebut, Nizar berharap agar DKPPKB-Lingga dapat menganggarkan di APBD-P 2019.

"Untuk itu, kami segenap jajaran Dinas Kesehatan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah memberikan dukungan dan komitmen untuk RSUD dan Puskesmas untuk berbenah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada masyarakat," ujarnya.

Dengan terakreditasinya RSUD Encik Mariyam ini, ia berharap agar standar operasional prosedur (SOP), dan budaya mutu mulai disosialisasi, dipahami, dipraktekkan di lingkungan RSUD tersebut dan secara bertahap proses perbaikan mutu pelayanan medis, perawatan dan manejemen terus berjalan. Begitu juga dengan rekomendasi-rekomendasi dari surveior baik di segi managemen, pelayanan, alat kesehatan, sarana prasana dan SDM tahap demi tahap mulai diperbaiki, dilaksanakan dan dipenuhi.

"Selanjutnya kerja keras, disiplin, kerjasama, kekompakan dan kebersamaan yang terjalin selama proses akreditasi dan selama pelaksanaan survei untuk terus dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan," katanya.

Lanjut dia, saat ini pihaknya juga terus meminta support, dukungan dan komitmen dalam rangka proses akreditasi terhadap puskesmas yang saat ini sedang berproses dan akan disurvei pada tahun 2019 ini. Yaitu Puskesmas Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Puskesmas Resang Kecamatan Singkep Selatan dan Puskesmas Posek, Kecatan Kepulauan Posek.

"Dan tentunya juga mohon doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Lingga, agar puskesmas ini bisa lulus akreditasi dan sukses dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Lingga," ucap Mudlofir.

(ruz)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews