Mengapa Kopi Sering Disantap Saat Pagi Hari? Berikut Sejarahnya

Mengapa Kopi Sering Disantap Saat Pagi Hari? Berikut Sejarahnya

Ilustrasi

Jakarta - Banyak orang mengandalkan asupan kopi saat sarapan. Ada cerita menarik soal mengapa kopi banyak dikonsumsi di pagi hari.

Sebelum memulai aktivitas, banyak orang meminum kopi di pagi hari. Alasannya pun beragam seperti sudah menjadi kebiasaan atau mendapat dorongan energi yang diperlukan untuk mengawali hari.

Minum kopi di pagi hari memang lebih baik dibandingkan dengan minum alkohol. Kopi bahkan berperan penting dalam kebiasaan minum pagi masyarakat Eropa. Dikutip dari The Kitchn (26/6/2019), kopi ternyata mengurangi kebiasaan mabuk masyarakat di sana yang kerap menenggak minuman alkohol, bahkan di pagi hari.

Lingkaran sosial yang berbeda di berbagai negara jelas memiliki perbedaan tradisi tentang apa yang mereka konsumsi untuk minuman pagi mereka. Tetapi ada banyak referensi untuk minuman beralkohol dan fermentasi sepanjang sejarah.

Untuk orang Romawi, mereka makan roti yang direndam wine dan tentara Inggris pada tahun 1890-an dikabarkan memulai hari dengan minum rum dan teh. Sementara anak-anak di AS terbiasa minum sari buah dan di Jerman minuman pagi mereka adalah bir.

Kopi muncul pada akhir 1700-an di Eropa. Kemudian pada awal 1800-an, masyarakat beralih minum kopi dan kebiasaan ini seperti mengubah Eropa. Seperti tulisan Mark Pendergast dalam Uncommon Grounds: The History of Coffee dan How it Transformed the World, "Minuman aristokrasi telah menjadi sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat."

Kopi juga berperan membuat Revolusi Industri terus berjalan. Selama masa tersebut, buruh tekstil harus melewati jam kerja yang panjang dengan upah rendah. Mereka juga kehilangan waktu untuk memasak di rumah.

"Karena kopi menstimulasi dan hangat, kopi menyediakan ilusi nutrisi bagi mereka," tulis Pendergast. Bahkan ketika kopi datang ke Amerika Serikat, minuman ini sangat diterima sehingga menjadi minuman patriotik pilihan setelah bencana Boston Tea Party.

Lalu mengapa nenek moyang kita lebih memilih minuman baru ini untuk sarapan? Alasan utamanya adalah kopi tidak memabukkan. Meskipun kopi membuat Anda terasa terjaga, menurut mereka, rasa terjaga itu tidak masalah jika hadir di pagi hari.

Sejak itu, kopi menjadi sangat umum untuk sarapan sehingga Mark Twain menulis di A Tramp Abroad, yang terbit tahun 1880: "Rata-rata menu sarapan paling sederhana dan umum ala masyarakat Amerika adalah kopi dan beefsteak."

Walau bagaimanapun kopi sebenarnya bukan hanya sekadar minuman pagi. Kopi bisa dinikmati saat makan siang atau ketika sore hari di kantor. Kopi bahkan disebut-sebut memicu ide para intelektual selama masa Revolusi Prancis. Kopi bahkan kerap disajikan di malam hari di Eropa usai jamuan makan.

Karakter kopi yang khas yaitu hangat dan berkafein membuat kopi banyak dipilih sebagai minuman di pagi hari. 'Tendangan' energi serta fokus yang didapat usai minum kopi membuat banyak orang tidak bisa melewatkan sarapan tanpa kopi.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews