Terlalu Sering Konsumsi Kopi Bahaya Bagi Kesehatan Jantung

Terlalu Sering Konsumsi Kopi Bahaya Bagi Kesehatan Jantung

Terlalu sering mengkonsumsi kopi bisa membuat jantung berdebar dan membahayakan kesehatan (Foto:Hellosehat)

Jakarta - Seorang pria di Tondano, Sulawesi Tengah dikabarkan tewas akibat serangan jantung. Sebelum tewas, korban sempat minum kopi dan makan durian. 

Konsumsi kopi sebetulnya tidak serta merta berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun kontroversi terkait konsumsi kopi bagi kesehatan jantung masih terus ada.

Tidak hanya kopi yang dikonsumsi murni, tapi juga yang diberi campuran gula, creamer, atau krim kocok.

"Kafein dalam kopi sebetulnya bisa mengurangi risiko jantung karena mengandung antioksidan dan asam klorogenat. Namun konsumsi kopi per hari sebaiknya tidak lebih dari 4 cangkir," kata dokter ahli jantung dan pembuluh darah dr Ayuthia Putri Sedyawan SpJP, FIHA, Jumat (8/2/2019). 

Ayuthia menyarankan peminum kopi berhati-hati jika jantung terasa berdebar-debar. Saat detak jantung tak beraturan, kopi sebaiknya dijauhi atau dikurangi konsumsinya.

Jantung yang berdebar-debar merupakan gejala terjadinya gangguan irama detak jantung (aritmia), yang meningkatkan risiko terjadinya stroke atau serangan jantung.

Serangan jantung bisa berakhir dengan kematian mendadak. Untuk mengurangi risiko tersebut, dr Ayuthia menyarankan pemeriksaan rutin selain tidak terlalu sering minum kopi.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews