Massa Kian Ramai, Polisi Tegaskan Tahlil Akbar 266 Sekitar MK Tak Berizin

Massa Kian Ramai, Polisi Tegaskan Tahlil Akbar 266 Sekitar MK Tak Berizin

Massa Aksi di Jalan Medan Merdeka Barat.

Jakarta - Persaudaraan Alumni 212 menggelar Tahlil Akbar 266 menjelang putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi. Saat ini massa sudah berkumpul di Patung Kuda Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Polisi menegaskan mereka tidak mengantongi izin.

"Enggak tahu saya, tanya massa dong. Polisi tidak mengeluarkan izin aksi," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Menurut penelusurannya, massa datang dari pelbagai penjuru di luar Jakarta, seperti Banten, Tangerang, Depok, Bekasi, juga Jawa Barat. Pihaknya akan berkoordinasi dengan mereka untuk menjaga kondusifitas agar ketertiban masyarakat tetap terjaga.

"Yang di Bawaslu kemarin begitu juga. Prosesnya hampir sama. Massa (berasal) dari dalam (kota) dan massa dari luar," jelas Harry.

Sebelum mengambil tindakan, Harry menegaskan untuk melakukan komunikasi. Bersama jajarannya, dibantu TNI, mereka akan berdialog untuk mengetahui maksud dan tujuan karena ditegaskan tidak ada izin diberikan untuk melakukan aksi massa kepada mereka.

"Saya mau tanya dulu, kalau kita kan tidak keluarkan izin. Kan kalau polisi ada tahapan SOP, jelas perintah pimpinan tidak boleh ya toh," tuturnya.

Awalnya polisi melarang, kini akhirnya memberikan akses mobil komando pengunjuk rasa memasuki Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Pantauan di lokasi, izin diberikan usai massa bernegosiasi dengan polisi di lapangan.

Menurut klaim massa, mereka telah mengantongi izin dari satuan intel Polres Jakarta Pusat untuk menyuarakan pendapatnya. Mobil diizinkan masuk dengan sejumlah catatan.

Pertama, mobil hanya sampai Gedung Kementerian Pariwisata. Kedua, mobil diizinkan masuk agar tak menganggu lalu lintas di putaran depan Patung Kuda. Terakhir massa aksi dapat menjamin ketertiban.

Beberapa ruas jalan yang ditutup seperti di Jalan Medan Merdeka Barat dari depan kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda Indosat yang melintasi kawasan depan Gedung MK hingga ke depan Istana Negara.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews