Daftar Paspor Bisa Lewat HP, 10 Menit Selesai

Daftar Paspor Bisa Lewat HP, 10 Menit Selesai

Imigrasi Tanjunguban saat memberikan informasi soal kemudahan pendaftaran permohonan paspor secara online.

Bintan - Pembuatan paspor bisa dilakukan di mana saja. Melalui Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor secara Online (APAPO) Versi 2.0, paspor bisa dibuat hanya dalam waktu 10 menit.

Kasi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian (Kasie Lalulintuskim) Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban, Deni Harianto mengatakan pemohon paspor bisa mengunduh aplikasi APAPO tersebut di smartphone maupun melalui browser di komputer atau laptop . 

"Khusus Android bisa diunduh melalui Play Store dan Iphone melalui App World. Kalau gunakan laptop maupun komputer cukup di browser saja. Pilih saja mana yang anda suka," ujar Deni dihadapan Ketua RT dan RW serta tokoh pemuda se-Kecamatan Bintan Utara, di Kantor Camat Bintan Utara, Jumat (21/6/2019).

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, pemohon harus terlebih dahulu menyiapkan E-KTP. Karena untuk mendaftar paspor online ini dibutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Selain itu juga harus ada email ataupun akun google dan Facebook (FB).

Jika sudah mengisi pendaftaran online, selanjutnya pemohon dapat memilih atau menentukan sendiri kapan dan tanggal pendaftaran yang diinginkan. Termasuk pilihan kantor imigrasi yang dituju dalam pembuatan paspor itu. Semua proses ini hanya menelan waktu 10 menit saja.

"Daftar online itu selain diminta NIK juga email ataupun FB. Terus bisa bebas pilih waktunya dan lokasi pembuatannya. Jadi tak perlu waktu lama dan tak perlu nunggu di kantor imigrasi," jelasnya.

Meskipun dengan sistem online ini pemohon diberikan kemudahan dalam membuat paspor. Tetapi pemohon harus memastikan kelengkapan data yang diperlukan. Karena pemohon juga harus memenuhi segala persyaratan yang diminta.

"Bagi yang belum memahami dan tidak memiliki smartphone, dapat juga dilayani di konter kantor Imigrasi. Kami siap melayani tapi harus di saat jam kerja. Tapi kalau online bisa dimana saja dan kapan saja," ucapnya.

(ary)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews