Video: Padatnya Arus Mudik, Penumpang Melantai di Ferry

Batam - Arus mudik lebaran tampak mencapai puncaknya saat H-2 dan H-1. Pada pelayaran Minggu (2/6/2019), tampak di video yang direkam salah seorang penumpang menggambarkan padatnya kapal ferry saat sandar di Pelabuhan Sekupang.

Beberapa penumpang tampak melantai di ferry yang bertuliskan Batam Line 2 di papan informasi.  "Kapal singgah di Tanjungbatu, Pulau Burung, Guntung. Di beberapa pelabuhan yang turun hanya hitungan jari. Yang masuk bejibun. Padahal penumpang di dalam sudah duduk di lantai karena sempit-sempitan," kata Wahyuni, salah seorang penumpang tujuan Kuala Tungkal.

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melalui instansi terkaitnya, meminta operator kapal memperhatikan kapasitas saat beroperasi di momen mudik lebaran.

"Kami minta pihak angkutan kapal tidak memaksa mengangkut penumpang, hingga over kapasitas," ujar Nurdin Basirun, Minggu (26/5/2019) lalu.

Begitu juga dengan kekhawatiran lain seperti kondisi kapal, nahkoda kapal harus istirahat cukup. "Apalagi dilaporkan kepada kita ada peningkatakan penumpang kapal mudik tahun ini," katanya.

Belum diketahui sejauh mana pengawasan yang dilakukan pengelola pelabuhan terkait jumlah penumpang yang over kapasitas ini.

(fox)