Ini Hasil Cek Urine Kru Kapal di Karimun, Polisi Pastikan Mudik Bersih dari ABK Narkoba

Ini Hasil Cek Urine Kru Kapal di Karimun, Polisi Pastikan Mudik Bersih dari ABK Narkoba

Cek urine kru kapal fery di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. Polisi memastikan ABK kapal penumpang bebas narkoba khususnya pada saat mengangkut penumpang mudik. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Satnarkoba Polres Karimun melakukan cek urine kepada seluruh kapten dan ABK kapal di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai dan Sri Tanjung Gelam Karimun.

Tes urine tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Kegiatan juga didampingi oleh BNN Karimun, Minggu (2/6/2019) di ruang tunggu pelabuhan.

Kasat Narkoba Polres Karimun, AKP Rayendra Arga Prayana menyebutkan, bahwa tes urine menjadi protap jajarannya di momen lebaran.

"Kegiatan ini agar mengetahui kapten kapal dan ABK kapal terbebas dari narkoba. Sehingga tidak terjadinya hal-hal yang tidak seharusnya," ujar Rayendra.

Kapten dan ABK kapal harus dalam keadaan sehat dalam melalukan pelayaran. Karena, tanggung jawab besar berada di nakhoda kapal.

Satu persatu kru kapal mengisi data, kemudian melakukan cek urine. Selain itu, pengecekan kesehatan juga dilakukan oleh Dokkes Polres Karimun.

"Keselamatan penumpang tergantung dari Kapten dan ABK Kapal. Jadi jangan sampai ada yang mengonsumsi narkoba," ucapnya.

Untuk di Pelabuhan Domestik, sebanyak 15 orang kru kapal dites urine, sementara untuk awak kapal di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam sebanyak 20 orang.

Dari tes yang dilakukan kepada awak kapal yang hendak berangkat atau juga yang baru tibaa sejauh ini terpantau negatif.

"Hasil cukup bagus, tidak ada yang terdeteksi menggunakan narkoba, semuanya negatif," kata Rayendra.

(aha)