Surya Makmur Nasution: Ani Yudhoyono Adalah Mata Air Partai Demokrat

Surya Makmur Nasution (Foto: Ist)

Batam - Wafatnya Ani Yudhoyono, Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, membuat sejumlah kader Partai Demokrat di Kepulauan Riau berduka. Beberapa kader Demokrat pun membanjiri pesan duka cita di media sosial.

Bagi Soerya Makmur Nasution, kader Partai Demokrat Kepulauan Riau, sosok Ani Yudhoyono sangat mengesankan. Ia dikenal sebagai sosok yang ramah dan respon terhadap kader Demokrat di Kepri.

"Ibu Ani Yudhoyono adalah mata air Partai Demokrat dalam keadaan apa pun baik ketika PD berkuasa atau sebagai partai tengah," ujar Surya Makmur Nasution kepada batamnews, usai mendengar kabar duka tersebut, Sabtu siang. 

Ani Yudhoyono meninggal dunia usai beberapa bulan menjalani perawatan medis di National University Hospital (NUH), Singapura, pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura. Ani meninggal karena penyakit kanker darah yang dideritanya.

"Saya termasuk orang yang beruntung karena pernah bersama Ibu Ani Yudhoyono mengikuti pendidikan Kader Utama Partai Demokrat di Bogor 2016 lalu," ujar Surya Makmur Nasution.

Ani pertama kali dirawat karena kanker darah pada 2 Februari 2019. Selama menjalani pengobatan, Ani selalu didampingi oleh SBY. Anak dan menantunya pun silih berganti menjaga Ani.

Sebelum dinyatakan meninggal, Ani sudah beberapa kali menjalani tindakan medis, salah satunya transplantasi sumsum tulang belakang yang didonorkan oleh adiknya, yakni Pramono Edhie Wibowo. Namun, operasi tersebut tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap kesembuhan Ani. Bahkan, Ani sempat mendapat merawatan intensif di ICU beberapa hari usai operasi.

Selain keluarga, dukungan bagi Ani juga datang dari sejumlah pihak, salah satunya dari Presiden Joko Widodo. Selain menjenguk langsung, Jokowi dikabarkan telah memerintahkan dokter kepresidenan berkoordinasi dengan dokter NUH untuk menangani Ani.

Selanjutnya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan wakilnya Teo Chee Hean juga pengah menjenguk Ani di NUH. Keduanya terlihat bertemu dan menyemangati Ani yang terbaring di dalam ruangan khusus.

(snw)

 

SHARE US :