Kloter Haji Pertama Berangkat 7 Juli

Kloter Haji Pertama Berangkat 7 Juli

Ilustrasi. (Foto:Ist)

Tanjungpinang - Pada musim haji tahun 1440 hijriah atau 2019 masehi ini, Kepri kembali melayani pemberangkatan bagi tiga daerah lain. Yaitu Riau, Kalbar dan Jambi. Namun untuk Riau dan Jambi tidak masuk ke Asrama Haji Batam, melainkan hanya transit di Bandara.

“Seperti Jambi, Riau tahun ini tidak masuk asrama. Jadi mereka hanya transit di Bandara saja. Hanya Kalbar dan tentunya Kepri saja masuk Asrama Haji Batam,” sebut Syahbudi, Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Kepri, Kamis (23/5/2019).

Dijadwalkan kloter pertama sudah akan meninggalkan tanah air pada 7 Juli mendatang. Sehari sebelumnya, jemaah sudah masuk asrama haji. Keberangkatan terakhir dari tanah air pada 5 Agustus. Mengingat pada 10 Agustus akan dilaksanakan wukuf di Arafah.

Kloter pertama akan kembali ke tanah air pada 17 Agustus melalui Jeddah. Sedangkan pemulangan terakhir dari Madinah, pada 15 September. “Total 42 hari jemaah melakukan rangkaian ibadah haji,” ujar Syahbudi.

Menjelang keberangkatan, jemaah diminta untuk menjaga kesehatan. Saat ini jemaah telah melakukan vaksinasi meningitis. Sedangkan untuk manasik, akan dilaksanakan oleh masing-masing kabupaten dan kota, setelah Idul Fitri.

Manasik akan dilaksanakan sebanyak delapan kali. Yaitu dua kali dilakukan di kabupaten dan kota. Sedangkan enam kali dilakukan di kecamatan.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews