Awas! Ini Penipuan Modus Baru, Tebar Cek Miliaran Rupiah

Awas! Ini Penipuan Modus Baru, Tebar Cek Miliaran Rupiah

Modus penipuan dengan menebar cek dan SIUP. (foto: istimewa/facebook)

BATAMNEWS.CO.ID - Banyak cara dilakukan para penipu untuk menjebak korbannya. Kali ini, yang marak terjadi adalah modus sengaja menebarkan amplop berisi SIUP perusahaan dan cek bernilai miliaran rupiah. Bagaimana modusnya.

Penipuan dengan modus ini sudah banyak terjadi dan sudah menyebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Beberapa forum di media sosial juga membahasnya sehingga jangan sampai jadi korban.

Salah satu yang membahasnya yaitu akun Choco Hut di facebook. Melalui wall, ia menceritakan pengalamannya.

"Baru saja sy menemukan amplop berwarna coklat dibungkus dengan plastik bening yg jatuh di halaman rumah. setelah sy buka berisi 1 dokumen SIUP dan selembar cek senilai 2, 7 M.
*syok liat cek segitu* , niat nya langsung ingin menghubungi yang bersangkutan karena di SIUP trtera no telpon perusahaan *ketauan bgt minta di telpon atw dihubungin biar bisa kena jebakan batman,"


"sblum menghubungi yg bersangkutan iseng2 searching tentang SIUP dan cek, trnyata byk berita mngenai hal tentang waspada terhadap aksi penipuan modus tebar cek palsu senilai miliaran rupiah. Amplop berisi dokumen palsu berupa selembar mirip cek dan SIUP perusahaan asal Jakarta yang sengaja ditebarkan di area publik bisa di trotoar, parkiran, bahkan halaman rumah dan Seolah-olah amplop itu tercecer jatuh sehingga calon korban merasa iba untuk mengembalikan dengan menelepon pelaku yang sudah mempersiapkan taktik tipu muslihat.
nantinya yg kena jebakan batman akan di imingi2 uang tanda terima kasih kisaran 50 jutaan, lalu korban disuruh ke atm utk mencek saldo yg sudah dkirim oleh pelaku *dsitu lah pelaku beraksi dngn memerintahkan korban melakukan transaksi dsb dan uang dlm rekening pun tiba2 melayang."

Posting ini mendapat komentar dari banyak netizen. Dan ternyata modus serupa pernah ditemukan di Aceh, Banjarmasin, Medan, Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia.

(ind/berbagai sumber)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews