Buwas: Bulog Impor Beras 1,8 Juta Ton, Cuma Terpakai 150 Ribu Ton

Buwas: Bulog Impor Beras 1,8 Juta Ton, Cuma Terpakai 150 Ribu Ton

Monitoring stok beras di Batam, beberapa hari lalu.

Jakarta - Pada 2018 lalu, Perum Bulog ditugaskan pemerintah untuk mengimpor beras hingga 1,8 juta ton. Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, menentang kebijakan itu. Pria yang akrab disapa Buwas itu berpendapat, impor beras terlalu banyak.

Hampir setahun berlalu, kini sebagian besar beras yang diimpor Bulog itu masih menumpuk di gudang. Buwas menyebut, perkiraannya tepat.

"Dulu kan saya waktu pertama kali menjabat, beras enggak akan impor saya tahan yang dulu, saya tolak impor kan, nah ramai kan. Terus orang pada enggak percaya, ini Pak Buwas ngarang-ngarang seolah-olah kan kita asbun, asal bunyi. Prediksi saya betul, buktinya hari ini kan kecil persentasenya beras impor yang terpakai, iya kan?" kata Buwas saat ditemui di Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Ia mengungkapkan, hanya 150 ribu ton beras impor yang tersalurkan. Beras impor umumnya kurang disukai masyarakat Indonesia karena rasanya beda.

"Dari 1,8 (juta ton) hanya tidak sampai 150 ribu yang dipakai. Itu pun kita distribusikan ke tempat-tempat tertentu. Beras impor kan pera, itu hanya untuk Kalimantan dan Sumatera, Padang. Kita hanya bisa ke situ, di luar itu tidak mau dan kita upayakan mix agar taste-nya bisa diterima masyarakat Indonesia," ucapnya.

Buwas menambahkan, stok beras di gudang Bulog saat ini mencapai 2,1 juta ton. Stok tersebut terus bertambah karena Bulog menyerap beras dari petani. Di sisi lain, beras yang disalurkan minim karena harga sedang rendah, tak perlu operasi pasar. Untuk tahun ini, Buwas optimistis impor beras tak perlu dilakukan lagi.

"Sampai sekarang beras kita enggak keluar. Kita menyerap terus, jadi nambah-nambah. Karena sekarang kebutuhan beras di pasar melimpah, sekarang di Pasar Induk Cipinang kan melimpah, tidak mungkin disuplai lagi, di wilayah-wilayah semua sekarang lagi melimpah. Jadi Bulog tidak perlu operasi pasar sementara ini. Karena jumlahnya banyak," tutupnya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews