Pemilu 2019 di Bintan Aman, Bupati dan Kapolres Gelar Deklarasi

Pemilu 2019 di Bintan Aman, Bupati dan Kapolres Gelar Deklarasi

Sejumlah komponen masyarakat dan partai politik menandatangani kesepakatan damai usai Pemilu 2019 disaksikan Kapolres Bintan dan Bupati Bintan(Foto: Batamnews)

Bintan - Pemilu 2019 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, berlangsung aman dan damai. Kelancaran tersebut menjadi momen para pejabat daerah Kabupaten Bintan mensyukurinya.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) pun sepakat menggelar acara syukuran tersebut di Aula Kantor Bupati Bintan, Selasa, 30 April 2019.

Hadir diantaranya Bupati Bintan Apri Sujadi beserta wakil Drs. Dalmasri, Kapolres Bintan Boy Herlambang, SIK, M.Si, Ketua KPU Bintan Ervina Sari, serta Ketua Bawaslu Bintan Febriadinata, ST, Indra Setiawan, S.ST (Ketua Tim Pemenangan TKN Bintan), dan Zahara (Perwakilan Tim Pemenangan BPN Bintan), kemudian para OPD, serta pengurus partai politik.

AKBP Boy Herlambang dalam sambutannya mengatakan, ucapan terima kasih terkait kelancaran pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Sampai saat ini Polres Bintan dan TNI masih melaksanakan pengamanan Rekapitulasi Suara di PPK Bintan Timur yang dimungkinkan selesai hari ini, dan perlu diketahui Masyarakat bahwa setiap pergerakan Logistik, TNI Polri selalu mengawal sampai ke KPU Bintan," ujar Boy kepada batamnews.co.id, Kamis (2/5/2019).

Ia menambahkan, dari 428 TPS, saat ini tinggal 9 TPS lagi yang masih melaksanakan rekapitulasi suara yaitu di PPK Bintan Timur.

"Deklarasi Damai ini sangat penting, seperti yang kita ketahui bersama situasi politik saat ini lumayan panas, untuk itu kegiatan ini sebagai salah satu cooling sistemnya," ujarnya.

Ia juga mengatakan, berbeda pilihan hal yang wajar, namun janganlah perbedaan tersebut menimbulkan permusuhan dan perselisihan antar sesama, mari kembali bersatu dengan mempererat tali silaturahmi demi terwujudnya Bhineka Tunggal Ika dan menjaga NKRI yang kita cintai.

Selain itu Kolonel Laut (T) Mulyatna Kafasharkan Mentigi mengucapkan bela sungkawa atas gugurnya rekan-rekan kita yang gugur dalam melaksanakan tugas Pemilu 2019.

"Kita semua dari sisi keamanan, TNI Polri ibarat sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan, TNI Polri tetap bersinergi dengan semua pihak," ujar Mulyatna.

Dalam kesempatan itu Bupati Bintan Apri Sujadi, memberikan apresiasi terkhusus kepada penyelenggara Pemilu dan TNI-POLRI dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019.

"Panjangnya proses tahapan Pemilu, sangat memerlukan ekstra dalam bekerja dan seperti yang kita ketahui saat ini proses Rekapitulasi Suara masih berlangsung di PPK Bintan Timur dan nanti akan dilanjutkan Rekapitulasi suara tingkat KPUD Bintan, semuga sebelum Puasa proses tersebut bisa selesai dilaksanakan," ujar Apri.

Ia menyebutkan, deklarasi damai itu sebagai bentuk komitmen bersama bahwa kompetisi adalah sebuah dinamika, namun dinamika tersebut sudah berlalu sehingga kita perlu bersatu untuk membangun Indonesia kembali.

Kemudian, para pimpinan FKPD Kabupaten Bintan beserta Peserta Pemilu dan seluruh komponen masyarakat Bintan sepakat mengapresiasi semua pihak yang telah ikut membantu atas terselenggaranya Pemilu 2019 yang aman damai dan sejuk di Kabupaten Bintan.

Kemudian, menolak segala tindakan inskontitusional dalam bentuk apapun yang dapat menyulitkan semua pihak.

Selain itu, apabila terjadi permasalahan, kami akan menyelesaikan sesuai dengan Peraturan Peraturan Perundang - undangan yang berlaku.

Dalam kesepakatan itu juga tertuan, masing-masing pihak menunggu dan menyepakati hasil keputusan KPU RI serta tetap menjaga keamanan, ketertiban selama proses Penghitungan suara oleh KPU.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan Berita Acara kesepakatan oleh Tim Pemenangan TKN yang diwakili Indra Setiawan, S.ST serta dari Tim Pemenangan BPN diwakili oleh Zahara, disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir.

Usai penandatanganan, dilanjutkan dengan foto bersama, selama kegiatan berlangsung situasi aman dan tertib.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews