PKS Yakin Raih 7 Kursi di DPRD Batam

PKS Yakin Raih 7 Kursi di DPRD Batam

Sekretarus Umum DPD PKS Kota Batam, Warya Burhanuddin bersama Ketua Tim Pemenang Pemilu PKS 2019. (Foto: Yogi/Batamnews)

Batam - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan mendapatkan tujuh kursi di Pileg 2019 DPRD Kota Batam. Hasil itu berdasarkan C1 yang didapatkan petugas partai.

Sekretaris Umum DPD PKS Kota Batam Warya Burhanuddin mengatakan, PKS merupakan salah satu partai yang sudah memiliki C1 secara komplit. Sehingga sudah dapat dipetakan berapa kursi yang didapat.

"Secara keseluruhan berdasarkan C1 yang kita terima PKS mendapatkan tujuh kursi," kata Burhanuddin.

Burhan mengatakan, kondisi itu meningkat dibandingkan tahun 2014. "2014 kita hanya dapat 4 kursi," ujar dia.

"Kita akan terus kawal proses ini, jangan sampai seperti 2014 tiba-tiba dari empat kursi didapat menjadi 1 kursi, ternyata yang bermain KPU-nya sehingga jumlah kursi itu bisa dikembalikan," katanya.

Burhan merinci, untuk Dapil 1 yaitu Kecamatan Batam Kota dan Lubukbaja dengan alokasi 12 kursi DPRD Kota Batam, PKS mendapatkan 2 kursi.

"PKS termasuk tertinggi, potensi bisa dua kursi cukup besar," katanya.  

Kemudian untuk Dapil 2 Kecamatan Batuampar dan Bengkong dengan alokasi delapan kursi. PKS bisa dapat satu kursi.

"Kami di posisi enam dan tujuh, dari kuota delapan kursi di dapil ini," kata dia.

Burhan juga mengatakan, dinamika politik di Dapil 2 sangat  tinggi, hal itu wajar dalam politik. "Tetapi tetap PKS alhamdulillah mendapat kursi," kata dia.

Sedangkan untuk Dapil 3 Kecamatan Bulang, Galang, Nongsa, dan Sei Beduk, dari delapan kursi PKS mendapatkan satu kursi.

"Di sini kami lebih aman satu kursi, karena suara cukup banyak yaitu 10 ribu suara," kata dia.

Begitu juga di dapil 4 yakni Kecamatan Sagulung. Dengan alokasi sembilan kursi, PKS mengamankan satu kursi dan berada di posisi sembilan. "Di sini suara kita sampai 10 ribuan juga," kata dia.

Dapil 5 yakni Kecamatan Batuaji dengan alokasi enam kursi, PKS berpontesi kecil mendapatkan kursi. "Kita kalau tidak dapat ya kita bilang tidak dapat,  di dapil ini PKS posisi ke tujuh dari enam kursi," kata dia.

Hal itu juga disebabkan lanjut Burhan, karena tabulasi suara C1 di dapil 5 belum diterima secara komplit. "Ada sekitar 20 persen c1 yang belum kami pegang, di dapil ini terdapat peluang tetapi tipis," kata dia.

Kemudian di dapil 6 yaitu Kecamatan Belakang Padang dan Sekupang dengan alokasi tujuh kursi. PKS mendapat satu kursi berada diposisi empat dari tujuh kursi tersebut.

Burhan tidak menyebutkan nama caleg karena hal itu sudah menjadi aturan partai. "Kami partai) yang merekap suara bukan dari caleg tetapi partai, caleg tinggal menunggu hasil," kata dia.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews