Habibie: Batam akan Jadi Pusat Industri Dirgantara Indonesia

Habibie: Batam akan Jadi Pusat Industri Dirgantara Indonesia

Mantan Presiden Burhanuddin Jusuf Habibie bersama punggawa Meisterstadt Batam Pollux Habibie International. (Foto: Yogi/batamnews)

Batam - Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie menginginkan Batam menjadi pusat industri dirgantara di Indonesia. 

"Saya sudah putuskan, industri dirgantara pusatnya di Batam," kata Habibie ketika memberikan sambutan ketika berkunjung ke Apartemen Meisterstadt Batam Pollux Habibie International, Senin (29/4/2019).

Potensi Batam menjadi pusat industri dirgantara sangat terbuka. Terlebih, posisi kota industri ini sangat strategis karena berdekatan dengan Singapura dan Malaysia.

Menurut Habibie, mewujudkan Batam sebagai pusat industri dirgantara bukan hal tak mungkin, jika ada dukungan prasarana dan situasi ekonomi yang baik.

"Termasuk transparan dan melaksanakan dengan tulus," kata dia.

Habibie juga membeberkan, dari 100 persen perusahaan pembuatan pesawat terbang, hanya 40 persen yang dibuat perusahaan kita sendiri. 

"Selebihnya hanya founder company," ujar Habibie.

Sementara itu, Plt. Kepala BP Batam Edy Putra Irawadi  meenyebut keinginan Habibie membuat pabrik pesawat di Batam sudah disampaikan sejak lama. 

Edy menegaskan, dirinya mengaku siap menerima dan mewujudkan keinginan mantan Menteri Riset dan Teknologi era Orde Baru itu. "Kalau saya siap untuk itu," kata dia.

(tan)