Eksotisnya Pantai Impian, Wisata Baru di Lingga Timur

Bebatuan karang menghiasi hamparan putihnya Pantai Impian di Desa Pekaka, Kecamatan Lingga Timur (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Berbicara soal wisata di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, memang tiada habisnya. Dengan kondisi geografis dikelilingi lautan luas, Negeri Bunda Tanah Melayu ini menyimpan segudang wisata bahari, salah satunya Pantai Impian.

Pantai yang satu ini memang kurang dikenal oleh warga Kabupaten Lingga. Pasalnya, pantai yang berada di Desa Pekaka, Kecamatan Lingga Timur ini baru saja diresmikan secara simbolis oleh Bupati Lingga, Alias Wello beberapa waktu lalu.

Dengan kehadirannya itu, Pantai Impian ini menambah daftar objek wisata pantai di Lingga, seperti Pantai Pasir Panjang, Serim, Mempanak serta Pantai Dungun yang berada dalam satu pulau yakni Pulau Lingga.

Untuk sampai ke pantai ini, para pengunjung harus menuju Desa Pekaka. Kemudian berjalan menggunakan kendaraan bermotor melewati jalan tanah lebih kurang 2 kilometer (KM). Setelah berjalan beberapa menit, pengunjung akan disuguhkan oleh hamparan pasir putih dan bebatuan yang menghias.

Pengunjung sedang asik bermain air di Pantai Impian Desa Pekaka (Foto:Ruzi/Batamnews)

Pantai ini memang terbilang baru, namun keindahan pantai tersebut sungguh memesona dan siap memanjakan mata siapa saja yang berkunjung. Hanya saja di pantai ini masih belum tersedia tempat peristirahatan atau gazebo.

Maka, bagi para pengunjung yang ingin menghindari panasnya terik matahari, bisa memanfaatkan pepohonan rindang di bibir pantai. Namun, hal itu tidak lah menghilangkan kesan eksotisnya pantai yang juga menghadirkan pemandangan hamparan Gunung Daik dan Bukit Permata itu.

"Ini kali pertama kami kesini. Cantik pantainya, bersih juga," kata Bahrul salah seorang pengunjung kepada Batamnews.co.id, Minggu (28/4/2019).

Keindahan Pantai Impian ini menurut Bahrul tak kalah dari Pantai Pasir Panjang yang berada dekat dengan Ibu Kota Kabupaten Lingga. Terlebih lagi ketika air laut surut, pengunjung dapat menyebrang ke pulau yang tepat berada di depan Pantai Impian itu.

Salah satu sudut Pantai Impian yang menampilkan pemandangan yang memesona (Foto:Ruzi/Batamnews)

Selain hamparan pasir yang putih bersih, bebatuan karang yang sebagian menjadi tempat menempelnya hewan laut seperti teritib (Sejenis kerang) itu menambah indahnya suasana pantai tersebut.

"Kalau ditata lagi pasti cantik. Dari kampung (Pekaka) ke pantai ini juga tidak jauh. Jalannya juga lumayan bagus walaupun masih tanah merah," ujarnya.

Keberadaan Pantai Impian menjadi magnet tersendiri untuk meningkatkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lingga dan Desa Pekaka khususnya. Terlebih lagi, pantai ini menjadi satu-satunya objek wisata yang bisa dikembangkan dan bernilai ekonomis untuk warga setempat nanti.

Diketahui, untuk masuk ke pantai ini pengunjung tidak dipungut biaya sepeserpun. Pasalnya, pantai ini baru dibuka dan belum tersedia fasilitas penunjang yang memadai, salah satunya seperti tempat peristirahatan.

(ruz)