Polisi Dalami Motif Pemuda Payakumbuh Retas Situs KPU

Polisi Dalami Motif Pemuda Payakumbuh Retas Situs KPU

Ilustrasi.

Jakarta - Pemuda asal Payukumbuh, Sumatera Barat, berinsial AA yang meretas situs KPU sudah berhasil diamankan. Pihak kepolisian saat ini masih mendalami motif AA meretas situs KPU.

“Masih proses pemeriksaan oleh satuan tugas tersebut, masih didalami apa motivasi, kenapa melakukan ilegal akses karena bisa menganggu kinerja KPU,” ucap Karopenmas Div Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo dilansir kumparan, Rabu (24/4/2019).

Dedi menjelaskan pelaku belum sempat melakukan apa-apa di situs KPU. Sebab, saat mencoba masuk secara ilegal, pelaku sudah terlacak terlebih dahulu.

“Belum, baru ilegal akses mau masuk sudah ke deteksi duluan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolres Polres Payakumbuh, AKBP Endrastyawan, menjelaskan pelaku sempat dibawa ke Polres Payakumbuh setelah ditangkap untuk diperiksa sementara. Namun, proses pemeriksaan itu tidak berlangsung lama untuk kemudian AA dibawa ke Jakarta.

"Kemudian diamankan dan penanganan dibawa ke Bareskrim. Kami Polres Payakumbuh cuma mem-backup. Memang saat diamankan sempat dibawa ke Polres, tapi enggak lama diperiksa dan langsung dibawa ke Jakarta," kata Endrastyawan. 

Baca: Mabes Polri Tangkap Peretas Laman KPU di Payakumbuh

Menurut Endrastyawan, AA diketahui belajar ilmu informasi dan teknologi secara otodidak. Pelaku sudah putus sekolah sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Endrastyawan menyebut percobaan meretas laman KPU itu dilakukan MAF di salah satu warung internet (warnet) di Kota Payakumbuh.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews