KPU Minta Bantuan Dinkes Cek Kesehatan Personel Polri dan Petugas PPK

KPU Minta Bantuan Dinkes Cek Kesehatan Personel Polri dan Petugas PPK

Petugas medis melakukan pengecekan kesehatan personel Polri dan petugas PPK di Senayang (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Untuk mendukung dan mensukseskan proses rekapitulasi penghitungan suara pada pemilu serentak 2019 tingkat kecamatan di Kabupaten Lingga, KPU setempat meminta bantuan tenaga medis kepada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga.

Bantuan tenaga medis dan penyediaan obat/vitamin bagi petugas Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) tersebut diminta KPU untuk wilayah Kecamatan Lingga, Lingga Utara, Senayang, Singkep dan Singkep Barat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKPPKB Lingga, dr Asri Wijaya melalui Kepala seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, pihaknya menyambut baik permintaan tersebut. Melalui unit pelaksana teknis dinas, yaitu puskesmas akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan tanda-tanda vital petugas PPK dan petugas pengamanan pemilu di PPK.

"Jadi, tim medis ini melakukan pemeriksaan terhadap PPK, Panwaslu, para saksi dari setiap partai serta anggota kepolisian yang bertugas dalam rapat pleno di kecamatan. Salah satunya di Kecamatan Senayang," kata Mudlofir kepada Batamnews.co.id, Selasa (23/4/2019).

Lanjutnya, khusus di Kecamatan Lingga, tim kesehatan Puskesmas Daik akan bekerjasama dengan Urdokkes Polres Lingga dalam melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personel Polri  dan petugas PPK yang bertugas di Kantor PPK Daik Lingga.

"Rencananya pemeriksaan kesehatan ini dilakukan besok," ucapnya.

Adapun tujuan kegiatan tersebut dilakukan untuk mengecek tanda-tanda vital tubuh petugas pengamanan dan petugas PPK. Jika terjadi kelelahan fisik, emosi, dan kognitif, maka dapat diberikan intervensi dengan obat-obatan atau saran untuk beristirahat.

"Seperti kita ketahui, personel Polri dan petugas PPK ini bekerja terus menerus dan dalam waktu yang lama untuk melakukan proses rekapitulasi," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews