https://www.batamnews.co.id

PPLP Tanjunguban Soroti Hal Ini di Kapal Roro

UPP dan PPLP Tanjunguban mengecek KMP Swarna Bengawan di Pelabuhan Roro ASDP Tanjunguban, Senin (22/4/2019)

Bintan - Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Tanjunguban bersama Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjunguban mengecek kelayakan dan alat keselamatan kapal roro di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Senin (22/4/2019).

Kabag Operasional PPLP Tanjunguban, Samsul Nizar mengatakan, dua kapal sudah dilakukan pengecekkan yaitu KMP Swarna Bengawan dan Jembatan Kapuas.

Pengecekannya meliputi mesin, instalasi kapal, alat keselamatan, pemadam kebakaran dan instruksi petunjuk keselamatan. "Dua kapal sudah dicek, dipastikan keseluruhannya aman dan layak berlayar," ujarnya.

Untuk ketersediaan life jacket sangat mencukupi dan kondisinya layak. Namun keterangan cara memasang life jaket itu perlu dipajang besar-besar. Sehingga penumpang bisa membacanya dengan mudah.

Kemudian alat pemadam kebakaran, seluruhnya berfungsi baik. Mulai yang dipasang di dek penumpang maupun kendaraan.

"Dari hasil pengecekan hanya ditemukan satu lifebuoy yang rusak, namun itu sudah diinstruksikan segera diganti," jelasnya.

Kasi Kesyahbandaran UPP Tanjunguban, Lina Lusiana menegaskan pihaknya tidak akan memberikan toleransi mengenai keselamatan penumpang. "Kalau ada yang kurang harus langsung diperbaiki," sebutnya.

Dia berharap ABK kapal roro untuk selalu memperhatikan jumlah penumpang yang naik ke kapal harus sesuai dengan kapasitas kapal.

"Sebentar lagi Ramadan lalu masuklah Lebaran. Jadi kami akan pantau dan cek terus kondisi kapal. Ingat jangan sampai penumpang melebihi kapasitas," ucapnya.

(ary)