Proyek Ring Road Sekupang-Jodoh Dirintis Tahun Ini

Para pengguna Trans Batam di Halte Batam Centre. Pemko tahun ini mulai merintis pembangunan jalan Ring Road Sekupang-Jodoh untuk memudahkan akses transportasi di Batam. (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

Batam - Pembangunan jalan lingkar (ring road) dari Sekupang menuju Jodoh masih pada tahap awal. Saat ini pembangunan mulai dirintis di Kawasan Tiban 1, Sekupang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kota Batam, Yumasnur mengatakan jalan lingkar ini dibangun karena pertimbangan akses jalan Sekupang ke Batam Centre hanya satu jalan selama ini.

"Jadi kalau macet akan ada kendala, makanya pemerintah membuat jalan alternatif untuk memudahkan masyarakat," ujar Yumasnur di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (20/3/2019).

Sambil membuka akses jalan lingkar ini, pihaknya juga melakukan kajian. Diantaranya mempertimbangkan rute yang akan dipakai.  "Perlu kajian, kalau tidak bisa terkena lahan orang, atau rutenya kena laut," kata dia.

Untuk pembangunan jalan lingkar pada tahap awal ini, pihaknya merencanakan akan membuat dua jalur dengan dua lajur. "Kalau sekarang cuman ada satu jalur dengan dua lajur, nanti kami tambah jadi dua jalur," jelasnya.

Ia juga menambahkan rute jalan lingkar ini tidak dimungkiri ada kemungkinan membangun jembatan di atas laut. Namun itu tergantung hasil kajian nantinya.  "Yang pasti pembangunan jalan lingkar ini dilakukan secara bertahap," ujar Yumasnur.

(ret)