Kapal Roro Karimun-Kundur Kini Tiap Hari

Kapal Roro KMP Kakap kini melayani Karimun-Kundur setiap hari. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Masyarakat Pulau Kundur kini bisa membawa kendaraan ke Pulau Karimun menggunahan Kapal Roro KMP Kakap. Fasilitas tersebut bisa dinikmati setiap hari melalui Pelabuhan Selat Beliah.

KMP Kakap sebelumnya hanya beroperasi pada Kamis dan Minggu. Namun, sekarang kapal jurusan Tanjungbalai Karimun - Selat Beliah itu beroperasi setiap hari.

Hal tersebut akan mempermudah masyarakat antar pulau untuk beraktifitas. Beroperasinya KMP Kakap setiap hari untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pulau Kundur dengan destinasi logistik.

General Manager ASDP Batam, Media Sahyanto mengatakan, beroperasinya KMP Kakap dengan dijadwalkan setiap hari agar mempermudah pergerakan masyarakat Kabupaten Karimun.

"Kapal akan beroperasi setiap hari dua kali, pagi dan sore. Untuk pagi dari Karimun ke Selat Beliah, dan sore dari Selat Beliah ke Karimun," kata Media usai peresmian dan pelayaran perdana KMP Kakap di Pelabuhan Selat Beliah, Kundur, Jumat (5/4/19).

Media juga menyebutkan bahwa pihaknya akan berupaya menambah jadwal keberangkatan kapal. "Kita percobaan beberapa bulan dulu, kalau sudah maksimal kita akan tambah jadwal keberangkatan," ujarnya.

Diberlakukannya jadwal setiap hari dikarenakan tingginya pergerakan masyarakat antar pulau. Sementara kendaraan masyarakat hanya terparkir di pelabuhan.

"Kami melihat peluang di Kabupaten Karimun sangat tinggi, dan melihat arus pergerakan orang yang cukup ramai dari Pulau Karimun ke Pulau Kundur," ucapnya.

Peresmian jadwal kapal setiap hari tersebut juga dihadiri oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim, Pimpinan DPRD Bakti Lubis, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, Danlanal TBK Letkor Laut (P) Catur Yogiantoro, Dandim Letkol Arm Rizal Analdie, dan Kadis Perhubungan Karimun M Fajar.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq sangat menyambut baik adanya tol laut KMP Kakap yang sudah beroperasi setiap hari. Hal ini mempermudah masyarakat untuk pulang dan pergi ke Kundur dan Karimun.

"Masyarakat lebih mudah untuk membawa kendaraan pribadi mereka, biasanya kalau di pelabuhan KPK mereka harus menunggu jemputan atau angkot, kalau sekarang bisa langsung membawa kendaraan pribadi," kata Rafiq.

Rafiq berharap pihak ASDP Batam nantinya akan menambah jadwal trayek KMP Kakap, sehingga masyarakat yang hendak pulang ke Karimun tidak harus menunggu hingga sore hari.

Dalam kesempatan itu, rombongan ini juga menikmati perjalanan menggunakan KMP Kakap dari Pelabuhan Roro Karimun menuju Selat Beliah.

(aha)


Berita Terkait