Byar Pet Berlanjut, PLN Batam: Defisit Daya Luar Biasa

Pembangkit listrik tenaga gas yang dioperasikan PLN Batam. (Foto: istimewa)

Batam - Sejumlah wilayah di Batam mengalami pemadaman listrik sejak kemarin. Kondisi ini akan berlanjut hingga Sabtu (20/4/201).

Pada hari ini, pelanggan PLN Batam akan mengalami pemadaman listrik bergilir selama 3 jam hingga pukul 24.00 WIB. Penyebab pemadaman adalah defisit daya akibat pembangkit yang standby mengalami gangguan. 

"Sampai akhir April ini daya kami pas-pasan sambil nunggu mesin datang dari Skotlandia untuk PLTG Panaran, nah mesin yang pas-pasan ini kembali mengalami gangguan dan rusak mendadak," kata Humas PLN Batam, Yoga Perdana Sulastama.

Pembangkit yang saat ini alami gangguan hingga menyebabkan pemdaman yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sekupang, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tanjung Uncang, dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam. 

"PLTD Sekupang sekarang off karena tidak ada pasokan air ke mesin, PLTU juga mengalami gangguan boiler sehingga butuh perbaikan," ujarnya. 

Seharusnya jika daya yang dimiliki tidak alami defisit tinggi, pemadaman tidak perlu dilakukan karena hari ini cuaca tidak panas. 

"Alhamdulillah sih hujan dan mendung jadi beban tidak tinggi cuma emang masih kurang banget dayanya karena banyak yang terganggu," ucapnya. 

Pemadaman bergilir ini kemungkinan masih akan dirasakan masyarakat hingga akhir April sampai mesin pembangkit untuk PLTG Panaran sudah datang dan menambah daya listrik yang dimiliki PLN Batam. 

(das)