Jokowi-Maruf Menang Telak di TPS Sultan HB X

Jokowi-Maruf Menang Telak di TPS Sultan HB X

TPS 15 Kelurahan Panembahan Kecamatan Keraton Yogyakarta. (Foto: Tugu Jogja)

Yogyakarta - Perolehan suara calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin menang mutlak atas rivalnya capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Kelurahan Panembahan Kecamatan Keraton Yogyakarta, Rabu (17/4/2019).

Dari perhitungan yang dilakukan petugas, Jokowi-Maruf mendulang 172 suara sedangkan Prabowo-Sandi mendulang 55 . Total surat suara sah di TPS itu ada 227 dan surat suara tidak sah ada 4.

Total jumlah pemilih di TPS yang menjadi lokasi Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan keluarga mencoblos itu ada 231 pemilih.

Raja Keraton yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X usai mencoblos sempat meminta para kontestan pemilu 2019 baik calon presiden-wakil presiden bijaksana menjalani pesta demokrasi yang berlangsung ini.

"Kalah menang itu sesuatu yang wajar dalam pemilu, yang punya hak suara kan publik termasuk mereka (capres) sendiri," ujar Sultan usai menggunakan hak pilihnya.

Sultan menuturkan dalam pemilu,  masyarakat telah memiliki referensi masing masing siapa capres dan caleg pilihannya. Sehingga suara publik atas pilihannya tak dapat diintervensi siapapun.

"Jadi saya kira, kalah menang ikhlas saja," ujar Sultan.

Sultan sendiri menghimbau pihak pihak yang tak bisa menerima kekalahan dalam pemilu menggunakan jalur yang sudah ditentukan perundang-undangan.Seperti misalnya melayangkan gugatan atas hasil yang diterima.

Hanya saja, sebelum melayangkan gugatan itu, Sultan meminta pihak yang akan menggugat hasil pemilu juga jujur berkaca dan menimbang lebih dulu langkahnya.

"Kalau selisih suaranya terlalu besar, ya mungkin susah kalau dikatakan 'Kenapa Saya harus kalah ?' Jadi jujur saja pada diri sendiri," ujarnya.

Sultan sendiri berharap siapapun presiden-wakil presiden dan anggota legislatif yang terpilih dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik. 

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews