Puluhan Mahasiswa STT Real Batam Terancam Kehilangan Hak Suara

Puluhan Mahasiswa STT Real Batam Terancam Kehilangan Hak Suara

Ilustrasi.

Batam - Puluhan mahasiswa STT Real Batam di kawasan Sukajadi, Batam terancam kehilangan hak suara dalam Pemilu 2019, besok. Setidaknya ada 70 mahasiswa di sekolah tinggi itu yang namanya tak masuk dalam daftar pemilih.

Para mahasiswa ini berasal dari luar Batam, seperti Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT(. Mereka tinggal di asrama sekolah dan telah mendaftar ke pihak kelurahan agar hak pilih mereka bisa digunakan.

"Sudah dua bulan lalu mereka mendaftar ke Kelurahan Sukajadi hingga kini belum diberikan surat undangan pencoblosan suara," ujar Yandi Winardi, salah seorang tokoh masyarakat NTT kepada batamnews.co.id, Selasa (16/4/2019).

Dirinya sempat bertemu Rohani, salah seorang KPPS di TPS 134 Sukajadi dan Iwan dari PPK Batam Kota untuk membahas hal ini. Namun hingga saat ini belum juga ada penyelesaian.

Jika hak suara puluhan mahasiswa ini hilang, Yandi menyebut hal itu patut disesalkan karena mereka merupakan pemilih pemula.

Sementara itu, Rahmi Lurah Sukajadi saat dikonfirmasi batamnews.co.id menyatakan persoalan tersebut menjadi tanggung jawab KPPS dan PPK.

Ketua KPU Batam Syahrul Huda mengaku dirinya belum menerima laporan atas 70 mahasiswa STT Real Batam yang dikabarkan tidak memiliki hak suara.

"Lho kok saya nggak tahu ya soal 70 mahasiswa STT Real dan seharusnya diberikan laporan dari lurah sebagai pemangku wilayah agar kita daftarkan," tegas Syahrul.

Syahrul menuturkan, seharusnya kasus tersebut tidak boleh terjadi dan segera dilaporkan.

(jim)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews