Wabup Lingga Minta Bantuan Balai Wilayah Sungai Sumatera Atasi Krisis Air

Wabup Lingga Minta Bantuan Balai Wilayah Sungai Sumatera Atasi Krisis Air

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar didampingi pegawai Dinas Pekerjaan Umum Lingga mengunjungi BWSS IV di Batam beberapa waktu lalu (Foto:ist)

Lingga - Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, mengunjungi Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV di Kota Batam, Kamis (11/4/2019) lalu. Pada kunjungan tersebut, orang nomor dua di Kabupaten Lingga ini menyampaikan banyak hal, salah satunya meminta bantuan pembangunan DAM Sungai Daik.

"Pembangunan DAM Sungai Daik ini sangat perlu sebagai salah satu solusi untuk mengatasi krisis air bersih di Kota Daik," kata Nizar.

Selain itu, menurutnya yang tak kalah penting yakni tentang rencana pembangunan waduk Sungai Jelutung yang mana pada tahun ini BWSS IV menyiapkan Detail Desain (DD) bendungan sungai tersebut.

"Pemkab Lingga sendiri dalam hal ini akan menyiapkan readiness criteria (syarat kelengkapan) serta studi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), pembebasan lahan dan sertifikasi bendungan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BWSS IV Ismail Widadi menyambut baik keinginan yang disampaikan Wakil Bupati Lingga. Ia mengaku, pihaknya nanti akan meminta Pemda Lingga menyiapkan SK tim terpadu sebagai upaya percepatan dalam sinergi untuk pembangunan di Lingga khususnya untuk waduk Sungai Jelutung.

"Dalam waktu dekat, kami juga akan presentasi laporan pendahulan tekait DD Sungai Jelutung. Untuk DD DAM Sungai Daik, kami baru menyiapkan pada tahun 2020 sesuai dengan rencana kerja BWSS IV," ucapnya.

Diketahui, pada tahun 2019 ini, BWSS IV juga akan melanjutkan pembangunan jaringan irigasi tahap 2 di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur dengan pagu anggaran sekitar Rp10 miliar. Kemudian, juga pembangunan konservasi air baku Bukit Tumang, Kelurahan Raya, Kecamatan Singkep Barat dengan pagu lebih kurang Rp20 miliar.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews