https://www.batamnews.co.id

Warga Karimun Terima 2.236 Sertifikat Tanah Gratis, Bupati Rafiq Bersyukur

Warga Karimun mengantre ambil sertifikat tanah yang dibagikan secara gratis di halaman rumah dinas bupati. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Ribuan warga berjubel di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Jumat (12/4/2019). Warga hadir untuk mengambil sertifikat tanah secara gratis yang merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

Sebanyak 2.236 sertifikat tanah untuk masyarakat di empat kecamatan Kabupaten Karimun dibagikan secara serentak.

Dari seluruh sertifikat tersebut, sebanyak 520 diantaranya diberikan kepada masyarakat Kecamatan Karimun, 132 sertifikat di Kecamatan Tebing, 887 untuk Kecamatan Meral dan 719 Meral Barat.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Anggota DPR RI Dwi Ria Latifa dan Bupati Karimun Aunur Rafiq serta Kakanwil BPN Kepri Asnawati.

Penerima sertifikat ini berasal dari berbagai profesi, diantaranya tukang sapu, buruh tani, buruh harian lepas dan lain sebagainya

Kakanwil BPN Kepri, Asnawati mengatakan total sertifikat yang telah selesai dan akan diserahkan di Kabupaten Karimun sebanyak 8.380 sertifikat.

"Sebelumnya, juga sudah ada yang diserahkan melalui kades dan lurah," kata Asnawati.

Hingga saat ini, untuk di Provinsi Kepri terdata sebanyak 758.256 bidang tanah. Namun yang sudah terdaftar sebanyak 546.376 bidang dan sisanya belum terdaftar.

Dia mengatakan, kendala yang dihadapi untuk pendaftaraan ialah pendataan. Adanya pemilik tanah yang belum mengetahui dan kendala dalam pengukuran.

"Oleh karena itu kita meminta kepada desa dan kelurahan setempat untuk dapat menelusuri pemilik tanah. Kami juga meminta pemerintah daerah dalam mobilisasi petugas untuk pengukuran," ucapnya.

Sementara Aunur Rafiq dalam sambutannya mengimbau agar masyarakat dapat bersyukur akan adanya program pemerintah pemberian sertifikat tanah untuk rakyat.

"Bersyukur masyarakat mendapatkan sertifikat secara gratis," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, seribu lebih sertifikat tanah gratis juga diserahkan kepada masyarakat di Pulau Kundur.

(aha)