KPU Batam Pastikan Pemilih Disabilitas Nyaman Berikan Hak Pilih

KPU Batam Pastikan Pemilih Disabilitas Nyaman Berikan Hak Pilih

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Batam - Menjelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam memastikan keamanan dan kenyamanan TPS di seluruh Kota Batam, khususnya area TPS yang memiliki pemilih disabilitas.

TPS yang disediakan disetiap daerah tersebut nantinya akan melayani pemilih di Kota Batam. Tak hanya pemilih normal tetapi keaman dan kenyaman pemilih disabilitas juga dipersiapkan. 

"Saat ini pemilih disabilitas di Kota Batam masih normal, ya paling saat ini kami sedang menyiapkan surat suara dulu, seperti surat suara braile," kata Komisioner KPU Sudarmadi, Rabu (10/4/2019).

KPU mencatat ada sebanyak 2970 TPS yang akan disediakan di Batam. Ribuan TPS Ini terus disiapkan terutama logistik bagi TPS yang memiliki pemilih disabilitas, baik dari segi mobilisasi maupun pencoblosan. 

"Nanti 13 April kami dari KPU akan mulai menyebarkan logistik ke kelurahan. Untuk kemudian mulai dialokasikan ke masing-masing TPS," katanya. 

Selain dari persiapan logistik, KPU juga berulang kali mendata wilayah TPS mana terdapat pemilih disabilitas agar tidak terlewat. KPU juga tak lupa memberikan pembekalan kepada PPS yang bertugas 

"Kami sudah keliling 10 kali di setiap daerah disabilitas untuk mendata. Kita juga akan sampaikan lagi, dan terus beri pembekalan pada PPS yang terdapat pemilih disabilitas di wilayah TPS-nya," kata Sudarmadi. 

Saat ini KPU mencatat 650.876 pemilih tetap sudah terdaftar di KPU. Dari jumlah tersebut, ada 229 jumlah pemilih disabilitas dan 3 orang pemilih penderita gangguan jiwa yang sedang dalam proses penyembuhan. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews