Arema Jumpa Persebaya di Final Piala Presiden 2019

Arema Jumpa Persebaya di Final Piala Presiden 2019

Usai berhasil menaklukkan Madura United, Persebaya akan berhadapan dengan Arema (Foto:ist/Viva)

Jakarta - Persebaya Surabaya memastikan lolos ke final Piala Presiden 2019 usai mengalahkan Madura United 3-2 di leg kedua semifinal Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/4/2019) malam. Tim Bajul Ijo akan bersua Arema FC di partai puncak.

Skuat asuhan Djadjang Nurdjaman lolos ke final dengan keunggulan agregat 4-2. Persebaya menang 1-0 saat bermain di kandang dan menang 3-2 saat dijamu Madura United.

Madura United bermain agresif sejak awal pertandingan mengandalkan pergerakan David Laly, Zah Rahan, dan Andik Vermansah di lini depan. Pergerakan ketiganya berhasil membuat pemain belakang Persebaya kerepotan.

Peluang pertama pun tercipta untuk Laskar Sapeh Kerrab saat laga baru berjalan sembilan menit. Zah Rahan yang terlepas di dalam kotak penalti melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang masih bisa digagalkan Miswar Saputra.

Tekanan yang diberikan Madura United mulai mereda memasuki pertengahan babak pertama. Penyerang tim tamu, Manu Dzhalilov menjadi sosok yang paling berbahaya.

Bahkan, ia mendapatkan satu peluang emas untuk membobol gawang tuan rumah. Sayang, tembakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih bisa digagalkan Muhammad Ridho. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Madura United makin gencar melakukan tekanan untuk mengejar gol. Gol yang ditunggu-tunggu datang setelah Aleksandar Rakic membobol gawang Miswar usai menerima umpan silang Beto Goncalves pada menit ke-54.

Namun, keunggulan itu tidak berhasil dipertahankan tuan rumah. Berawal dari sepak pojok, bek Persebaya Otavio Dutra membobol gawang Muhammad Ridho sekaligus membuat skor menjadi 1-1.

Pada menit ke-69, Madura United kembali unggul di laga ini. Beto membobol gawang Persebaya lewat tendangan terarah dari sudut sempit. Skor 2-1 membuat tuan rumah hanya butuh satu gol tambahan untuk melapangkan jalan ke final.

Namun, harapan Madura United itu harus dikubur dalam-dalam saat laga memasuki menit ke-82. Umpan terukur Dzhalilov mengarah ke Irfan Jaya yang menyodorkan bola dengan sundulan ke Amido Balde. Dari jarak dekat, penyerang impor Persebaya itu membobol gawang Ridho dan membuat skor menjadi 2-2.

Di masa injury time babak kedua, Persebaya malah berhasil unggul 3-2 atas Madura United. Berawal dari serangan balik cepat, Dutra memberikan umpan kepada Hansamu Yama Pranata yang dengan tenang menceploskan bola ke gawang Madura United.

Persebaya mengikuti jejak Arema yang sudah lebih dulu memastikan lolos ke final setelah menyingkirkan Kalteng Putra dengan agregat 6-0. Final Piala Presiden 2019 akan berlangsung pada 9 dan 12 April mendatang.

Susunan Pemain

Madura United: Muhamad Ridho; Marckho Meraudje, Fandry Imbiri, Jaimerson Xavier, Alfath Faathier; Andik Vermansah, Zulfiandi, Zah Rahan, David Laly; Aleksandar Rakic, Beto Goncalves.

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; M. Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Novan Setya; Misbakus Solikhin, Muhammad Hidayat, Damian Lizio; Manu Dzhalilov, Amido Balde, Osvaldo Haay.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews