Dishub Lingga Rencana Bangun 5 Pelabuhan di APBD-P 2019

Dishub Lingga Rencana Bangun 5 Pelabuhan di APBD-P 2019

Kondisi dermaga di Dusun Limbung, Desa Bukit Harapan yang sangat memperihatinkan (Foto: ist)

Lingga - Masih banyaknya kondisi pelabuhan tambatan perahu (Dermaga) di Kabupaten Lingga, yang memperihatinkan, menjadi perhatian serius Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Tahun 2019 ini, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni, ada 6 dermaga yang akan dibangun. Ke-6 dermaga itu yakni, dermaga Pulon, dermaga pusat pemerintahan Posek, Lubuk Tangis di Pulau Duyung, Mepar, Kelombok dan dermaga Desa Mamud.

Namun, selain 6 dermaga itu, masih banyak dermaga lainnya yang juga perlu mendapatkan perhatian. Dishub Lingga pun sudah mengantongi 5 lokasi dermaga yang diusahakan dapat dibangun pada APBD-Perubahan 2019 ini.

"Salah satunya pelabuhan Limbung di Desa Bukit Harapan. Anggaran yang direncanakan itu Rp1,5 miliar," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Lingga, Selamat melalui Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut, Sumarno kepada Batamnews.co.id, Kamis (4/4/2019).

Ia menjelaskan, anggaran Rp1,5 miliar itu hanya untuk tahap pertama. Pasalnya, rencana pembangunan dermaga di Dusun Limbung dilakukan secara bertahap.

"Anggaran itu untuk tahap pertama dulu. Nanti konstruksinya beton (Permanen)," ujarnya.

Lanjut Sumarno, adapun 5 dermaga yang rencananya dibangun pada APBD-P 2019 ini selain dermaga Limbung yakni, dermaga Linau, Air Kelubi, Pulau Bukit dan Tanjung Bungsu.

"Itu yang kami rencanakan di P. Tapi realisasinya tergantung anggaran. Bisa saja nanti hanya beberapa yang dapat dibangun," katanya.

(ruz)