Pekan Santai Bazar Pertama di Batam Usung Konsep Reusable & Recycle

Pekan Santai Bazar Pertama di Batam Usung Konsep Reusable & Recycle

Ilustrasi

Batam - Pekan Santai event pertama dari Fingerfast menggelar bazar dengan konsep reusable dan recycle di lapangan tenis Palm Spring Batam Centre, selama dua hari yakni, pada 30-31 Maret 2019.

Pada saat bazar nanti, penggunaan sampah plastik akan dipangkas seminimal mungkin. Bahkan, akan dilarang menggunakan kantong plastik untuk wadah pembeli. Hal ini dilakukan mengingat Indonesia sebagai penyumbang terbesar nomor 3 sampah plastik di lautan.

"Sedikit kontribusi yang bisa kita lakukan terhadap lingkungan, disini kita tidak boleh tenant membawa kantong plastik. Kita dari panitia akan menjual kantong kain kalau ada yang tidak bawa tote bag, atau kalau tenant mau menyediakan kantong kertas bisa tapi kalau plastik big no," ujar General Project Manager Pekan Santai, Nurul Syafitri.

Tak hanya dari penggunaan kantong, bahkan pengunjung tidak akan menemukan gelas plastik karena terganti dengan wadah kertas, dan beberapa wadah plastik lainnya yang tidak digunakan kembali seperti mangkok plastik dan sterofoam.

"Botol plastik, dan kotak mika boleh digunakan karena esensinya bisa digunakan lagi, dan kalau botol plastik itu pengepulnya ada yang mau menampung. Mindset kita yang boleh digunakan yang bisa digunakan kembali," ucapnya.

Selain itu karena konsepnya ramah lingkungan dengan target keluarga, di area Pekan Santai, juga ramah kesehatan karena bebas asap rokok. Seluruh pengunjung dilarang meroko di dalam area bazar. Namun panitia menyediakan area khusus merokok sendiri.

Terinspirasi dari bazar yang sudah ada di Batam, dan melihat fakta bahwa di Batam hanya sedikit tempat menjadi tujuan akhir pekan. Pekan Santai akan menjadi event yang rutin digarap finger past. Untuk tema ini akan digelar tiga kali berturut-turut setiap bulannya.

"Disini kami coba menyajikan, bagaimana kita bisa menghabiskan waktu dengan keluarga di akhir pekan di satu tempat terbuka. Jadi semua anggota family bisa enjoy di satu tempat dengan aktivitas masing-masing. Nah di Pekan Santai ini kita masukan aktivitas yang bisa dilakukan," ujarnya.

Di Pekan Santai selain menggelar bazar makanan, juga ada beberapa tenant yang menyajikan hal berbeda seperti Kids Corner, Mini Zoo, Fintech market yang menjual baju yang digelar oleh woman id, dan work shop yang bekerjasama dengan made by me untuk membuat berbagai kreatifitas, satu lagi smitch school yang akan menggelar demo masak gratis untuk yang datang ke acara ini.

"Mimpi besarnya, kedepannya kita bisa mendatangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia, tidak hanya kuliner. Art Box Thailand nah itu mimpi besar kita," katanya.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews