Ayo Persiapkan Diri! Tiga PMA di Batam Butuh Seribu Tenaga Kerja

Ayo Persiapkan Diri! Tiga PMA di Batam Butuh Seribu Tenaga Kerja

Kawasan industri Batamindo. (Foto: istimewa)

Batam - Angin segar bertiup di dunia investasi Batam. Sejumlah perusahaan penanaman modal asing (PMA) bersiap beroperasi dan membutuhkan ribuan tenaga kerja.

Salah satu PMA yang membutuhkan pasokan tenaga kerja adalah Pegatron. Tak tanggung-tanggung, 1.000 tenaga kerja mereka butuhkan dan pembukaan lowongan akan dilakukan setelah lebaran nanti.

Manager Admin and General Affair PT Batamindo Investment Cakrawala, Tjaw Hioeng mengatakan saat ini perusahaan-perusahaan tersebut sedang merenovasi pabrik yang disewanya dari pengelola kawasan industri.

"Renovasi ini diperkirakan berlangsung selama tiga bulan. Februari dapat Nomor Induk Berusaha (NIB) maka proses renovasi dai Maret hingga Mei. Kalau renovasinya bersifat kompleks, mungkin akan tambah lama," ujar Tjaw Hioeng, Senin (25/3/2019).

Pegatron yang akan merekrut 1.000 karyawan terdiri dari 800 tenaga kerja wanita dan 200 tenaga kerja pria. Sedangkan perusahaan asing lainnya yang baru masuk masih tahap persiapan peralatan diantaranya Maruho dari Jepang, Sammyung dari Korea dan Simatelex dari Hong Kong. 

"Maruho ini sudah masukkan mesin. Mereka ambil pabrik bertipe 1.000 meter persegi. Sedangkan progres renovasi Simatelex sudah mencapai 70 persen," katanya.

Sedangkan untuk lowongan kerja, perusahaan-perusahaan tersebut baru merekrut karyawan level eksekutif seperti HRD, plant manager dan lainnya. 

"Tinggal buruhnya saja, proses perekrutannya akan berjalan paralel dengan penyelesaian akhir proses renovasi, yang paling banyak merekrut buruh adalah Pegatron, sedangkan dua perusahaan lainnya hanya akan merekrut 100-an karyawan saja. " kata dia.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews