Jelang Pencoblosan, Aceh dan Sumatera Barat Jadi Zona Merah Jokowi

Jelang Pencoblosan, Aceh dan Sumatera Barat Jadi Zona Merah Jokowi

Joko Widodo (Foto : Istimewa)

Jakarta - Tim Kampanye Nasional Jokowi- Ma'ruf Amin mengakui di dua provinsi di pulau Sumatera masih lemah. Adapun dua daerah tersebut memang wilayah lemah petahanan Jokowi pada pemilihan 2014 lalu.

"Memang Aceh dan Sumatera Barat yang memang kita masih lemah," ujar Juru Bicara TKN Arya Sinulingga, Selasa (26/3/2019).

Dilansir merdeka.com, politisi Perindo itu menyebut beberapa provinsi yang sudah dalam posisi aman di Sumatera, yaitu Bengkulu, Lampung, Sumatera Utara. Provinsi Jambi dalam posisi menang tipis.

"Sisanya masih aman lah," sebut Arya.

Dia pun menanggapi hasil survei Charta Politika yang baru saja dirilis pada Senin (25/3). Menurut Arya, Charta mencatat survei yang agak pesimis di Sumatera. Sementara, angka di pulau Jawa agak mirip dengan catatan TKN.

"Charta agak pesimis di kita untuk daerah lain sih, kita Jawa sama mirip-mirip," tuturnya.

Sebelumnya, Charta Politika mencatat Jokowi-Ma'ruf menguasai hampir di seluruh wilayah kecuali Sumatera. Wilayah itu menjadi milik pasangan Prabowo-Sandiaga. Jokowi-Ma'ruf memiliki elektabilitas 43,3 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga 48,3 persen.

"Dilihat dari segi wilayah Joko Widodo-Maruf unggul hampir di semua wilayah, kecuali di Sumatera di mana Prabowo-Sandi unggul," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Survei tersebut dilaksanakan pada 1-9 Maret 2019 dengan 2000 responden yang tersebar si 34 provinsi. Survei memiliki margin of error 2,19 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews