60 Calon Paskibraka Lingga Diseleksi Bulan Depan

60 Calon Paskibraka Lingga Diseleksi Bulan Depan

Anggota Paskibraka Lingga saat melakukan pengibaran bendera pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 (Foto:Ist/Arpa)

Lingga - Seleksi penerimaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lingga, rencananya akan dilakukan April mendatang. Untuk tahap awal, seleksi telah dilakukan di beberapa kecamatan oleh pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga (Pora) di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga, Rostam melalui Kepala Seksi (Kasi) Pora, Supendi mengatakan, beberapa waktu lalu, PPI Lingga sudah melakukan seleksi di Kecamatan Lingga.

"Ada 21 peserta yang ikut dari 3 sekolah menengah atas sederajat," kata dia belum lama ini.

Ia menjelaskan, pihaknya telah mengalokasikan kuota calon seleksi Paskibraka Lingga tahun 2019 ini sebanyak 60 orang yang dipilih dari 13 kecamatan. Seperti Kecamatan Lingga ada 14 calon peserta, Kecamatan Lingga Utara ada 4, Kecamatan Lingga Timur ada 4 serta Kecamatan Senayang ada 8.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Katang Bidare, Bakung Serumpun dan Temiang Pesisir masing-masing mengutus 2 peserta. Kecamatan Singkep 12 peserta, Kecamatan Singkep Barat 4 peserta. Begitu juga Kecamatan Singkep Selatan, Singkep Pesisir, Kepulauan Polsek dan Selayar mengutus 2 peserta.

"Itu nanti akan dipilih 32 orang untuk Paskibra kabupaten, beberapa untuk Paskibra provinsi dan sisanya untuk kecamatan masing-masing," ujarnya.

Untuk calon Paskibraka provinsi, Kabupaten Lingga belum menerima kouta yang harus dikirim untuk ikut seleksi. "Kalau kemarin kita diberi jatah 8 orang, yang lulus ada 6 orang mewakili Kabupaten Lingga sebagai Paskibraka provinsi," ucap Supendi.

Sementara itu, Ketua PPI Lingga, Suhardi mengaku telah siap memilih putra-putri terbaik utusan kecamatan untuk menjadi Paskibraka tingkat kabupaten maupun provinsi. Bahkan target mereka ada peserta ditahun ini yang lulus sebagai Paskibraka tingkat nasional.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews