Yayasan Marga Yang Batam Ajak Warga Donorkan Darah

Yayasan Marga Yang Batam Ajak Warga Donorkan Darah

Ketua Panitia Pelaksana Donor Darah MYB, Donny Yang. (Foto: istimewa)

Batam - Yayasan Marga Yang Batam (MYB) mengajak warga  untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah di Mega Mall  Batam Center pada Minggu (24/3/2019) mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana Donor Darah MYB, Donny Yang  mengatakan acara yang bekerja sama dengan Palang Merah  Indonesia Kota Batam ini akan digelar mulai pukul 10.00 - 15.00 WIB.

"Salah satu ungkapan rasa syukur atas anugerah kesehatan diri adalah dengan menjadi donor darah. Dengan demikian kita  ikut serta menjaga stok bank-bank darah untuk menolong pasien di rumah-rumah sakit," kata Donny, Selasa (19/3/2019).

Panitia menyediakan suvenir khas MYB sebagai apresiasi  kepada setiap peserta aksi sosial kemanusiaan itu.

Donny mengatakan, sudah banyak organisasi sosial, perusahaan swasta, instansi pemerintah menyelenggarakan donor darah, sedangkan bagi Yayasan MYB, kegiatan pada 24 Maret nanti merupakan yang pertama kali.

"Ini perdana. Kami berharap kelak dapat melakukannya secara berkala. Kegiatan seperti ini merupakan sarana bagi warga MYB agar bersama warga masyarakat luas unjuk kepekaaan pada masalah kemanusiaan, khususnya dengan menjadi donor darah sukarela," katanya.

Beberapa warga MYB sudah biasa mendonorkan darah sehingga penyelenggaraan kegiatan bersama ini diharapkan dapat menjadi pendorong bermunculannya donor-donor pemula baik dari kalangan internal maupun masyarakat luas. 

Menurut pedoman dari PMI, kegiatan kemanusiaan ini terbuka untuk kalangan warga berusia  17 tahun (dengan seizin orang  tua) hingga 60 tahun (seizin dokter), sehat jasmani dan rohani, berat badan minimal 48 kg, dan interval minimal 75 hari sejak terakhir mendermakan darah. 

Khusus bagi perempuan, tidak sedang hamil, haid, dan atau menyusui bayi berusia kurang dari enam bulan. Sangat disarankan calon peserta makan tiga jam sebelum berpartisipasi dan cukup waktu beristirahat sebagai persiapan agar bugar. 

Darah yang didonorkan dapat menolong pihak yang  membutuhkan, dan bagi individu-individu donor juga berguna untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. 

Manfaat lain, PMI akan menyampaikan informasi kepada donor yang terindikasi mengidap HIV, hepatitis B, hepatitis C, dan sipilis agar penanggulangannya dapat dilakukan secara dini.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews