Hutan di Dompak Terbakar, Jurang dan Rawa Sulitkan Pemadaman

Hutan di Dompak Terbakar, Jurang dan Rawa Sulitkan Pemadaman

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Kebakaran hutan kembali terjadi di Tanjungpinang, kali ini berada di kawasan dekat kantor Gubernur Kepri, tepatnya di Tanjungsiambang, Dompak, Jumat (15/3/2019) siang. 

Terlihat lokasi kebakaran yang berada di tengah hutan membuat pemadam kebakaran tidak bisa melakukan pemadaman. Pasalnya selain berada di tengah hutan, tempat tersebut terdapat rawa dan jurang. 

Namun tiga unit mobil pemadam kebakaran sudah disediakan di dekat permukiman warga, untuk mengantisipasi api menjalar ke beberapa rumah yang ada di dekat lokasi kebakaran. 

Lurah Dompak Heri Susanto mengatakan, kejadian tepat setelah salat Jumat berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB. "Kami mendapatkan laporan dari warga, sampai di sini asap sudah tebal," katanya.

Baca: Kelembapan Udara Rendah, BMKG Ingatkan Bahaya Kebakaran

Setelah mengetahui kebakaran tersebut, Heri melaporkan kondisi tersebut ke pemadam kebakaran setempat, selang beberapa menit tiga unit damkar diturunkan untuk antisipasi api merembet.

"Tapi sekarang api sudah mulai padam sendiri, tidak tau kita nanti," katanya. 

Ketua RT 05 RW 01 Tanjung Siambang, Dompak Ahmad mengatakan, pemadaman hanya bisa dilakukan dengan pemadaman dari udara. "Karena tidak mungkin masuk ke dalam, jurang dan rawa sekelilingnya," kata Ahmad. 

Ia juga mengatakan, ada beberapa rumah warga yang berada disekitaran kebakaran. "Semoga tidak terus membesar," katanya. 

Sampai berita ini dibuat asap kebakaran masih membumbung tinggi. Terlihat tiga unit mobil kebakaran masih berjaga di lokasi. 

Akhir-akhir ini akibat cuaca kemarau kebakaran sering terjadi di hampir setiap wilayah Provinsi Kepri.

(tan)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews