Infrastruktur Harus Sejalan dengan Pariwisata, Nurdin: Jangan Lupakan SDM

Infrastruktur Harus Sejalan dengan Pariwisata, Nurdin: Jangan Lupakan SDM

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun. (Foto: Johannes Saragih/batamnews)

Batam - Pembangunan infrastruktur di Provinsi Kepulauan Riau harus disejalankan dengan pengembangan dunia pariwisata yang kini tengah menjadi fokus pemerintah. Namun, jangan sampai pembangunan sumber daya manusia terabaikan.

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mencontohkan pembangunan infrastruktur bisa membantu meningkatkan daya tarik untuk mendatangkan wisatawan.

"Tapi jangan lupakan pembangunan SDM, karena juga mendukung kenyamanan wisatawan yang berkunjung di Kepri," kata Nurdin di Batam, Kamis (14/3/2019).

Dia menilai SDM juga memiliki peranan penting dalam pengembangan pariwisata Kepri. Keramahan warga bisa menjadi daya tarik sekaligus kenangan bagi wisatawan, dan hal ini yang dilihat Nurdin kurang optimal.

Warga yang bersentuhan langsung dengan wisatawan, baik itu wisatawan manca negara (Wisman) dan wisatawan nusantara (Wisnus), sejatinya harus bisa mencontoh keramahan masyarakat di daerah lain yang sektor pariwisatanya sudah lebih maju. 

"Kalau naik becak di Jogja dan daerah lain, kita diceritakan berbagai keunikan daerahnya. Kalau di Batam dan Kepri masih kurang komunikasinya, tidak diceritakan kita punya masakan enak, kita punya alam yang indah. Ini harus kita tingkatkan," kata Nurdin lagi.

Rencana pembangunan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada 2019 ini difokuskan untuk mendukung sektor pariwisata. Hal ini karena sektor pariwisata di berbagai daerah di Kepri memang tengah menggeliat sejak beberapa tahun belakangan.

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews