Sebanyak 1.680 Linmas di Karimun Akan Disebar di 780 TPS

Sebanyak 1.680 Linmas di Karimun Akan Disebar di 780 TPS

Anggota Linmas. (foto: Ilustrasi)

Karimun - Menjelang Pemilu, para anggota Linmas di Kabupaten Karimun dibekali pemahaman dalam tahapan pengamanan.

Sebanyak 934 anggota limas dari lima kecamatan di Karimun berkumpul di GOR indoor Badang Perkasa, Meral, Karimun, Senin (11/3/2019).

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh Satpol PP Kabupaten Karimun. Acara dibuka oleh Asisten I Muhammad Tang mewakili Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Kasat Pol PP Kabupaten Karimun, TA Rahman menjelaskan pada tanggal 17 April 2019 atau di hari pencoblosan nanti, dua orang Linmas akan ditempatkan di setiap TPS.

"Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman tugas dan fungsi pokok Linmas di TPS nanti. Tadi juga dilaksanakan simulasinya," kata Rahman usai kegiatan.

Nantinya mereka akan menjaga pintu masuk dan pintu keluar TPS. Petugas Linmas tidak bisa masuk ke dalam TPS, kecuali jika diminta oleh Ketua KPPS.

Untuk jumlah Linmas di Kabupaten Karimun berjumlah sebanyak 1.680 orang. Mereka akan disebar di 780 TPS dan seluruh Kantor Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

Selain di TPS, Linmas bersama Satpol PP dan aparat keamanan lain juga akan ditempatkan di kantor kecamatan untuk menjaga surat suara sebelum disebarkan ke TPS-TPS.

"Untuk di kecamatan akan ada 10 Linmas. Sedangkan di setiap TPS ditempatkan dua orang," terangnya.

Sosialisasi tahap pertama diikuti Linmas dari Kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat, Tebing dan Buru.

Selanjutnya pembekalan diberikan kepada Linmas Kecamatan Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Ungar, Belat dan Durai.

"Di tahap ketiga nanti kita laksanakan bagi Linmas di Kecamatan Moro," ujarnya

Dalam sosialisasi, juga dilaksanakan simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh Linmas oleh aparat dari Polres Karimun yang dipimpin Kabag Ops Kompol Mukharom.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews