Fenomena eSport Jadi Perhatian Pemko Batam

Fenomena eSport Jadi Perhatian Pemko Batam

Ilustrasi

Batam - Fenomena eSport di beberapa daerah di Indonesia cukup mendapat perhatian dari pemerintah kotanya, termasuk Batam. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata memberikan atensi khusus hal ini.

Ia mengaku mendukung penuh kegiatan tersebut agar masyarakat bisa memanfaatkan perkembangan zaman dengan Informasi Teknologi (IT). Ardi menilai, ke depan eSport akan menjadi  pilihan profesi terutama untuk millenial Batam.

"Ini (eSport) sangat kita dukung dan menjadi tugas pokok dan perhatian kita," ujar mantan Kabag Humas Pemko Batam tersebut beberapa waktu lalu.

Namun, Ardi mengatakan untuk penanganan eSport ini sudah ada satu badan yaitu Badan Ekonomi Kreatif (BEF). Badan ini menangani sejumlah produk kreatif dan konsentrasi pada 16 bidang yang salah satunya eSport.

Ardi menyebutkan, produk ekonomi kreatif itu harusnya menghasilkan atau menjadi nilai uang. "Untuk itu kita mendorong anak-anak millenial memanfaatkan ini," kata Ardi.

Namun ia mengakui pihaknya memang masih ada keterbatasan-keterbatasan dalam bidang ini. Tapi mereka tidak sendiri, ada Disbudpar Kepri, BEF, Kementerian Pariwisata dan lainnya.

"Nanti kita akan sampaikan bahwa eSport di Batam menjadi satu potensi besar bagi masyarakat millenial," tambahnya.

Disinggung masa depan para atlit eSport yang sudah beberapa kali mengikuti kompetisi di Batam, Ardi menyebut, itu merupakan sesuatu yang baru. Perlu kajian, sosialisasi, koordinasi dan sebagainya.

Ardi yakin dengan keberadaan atlet eSport ini bisa merangsang instansi terkait salah satunya Komite Olahraga Nasional (KONI) untuk bisa duduk bersama membahasnya.

"Memang tuntutan teknologi lebih cepat dari regulasi. Begitulah zaman millenial ini. Justru kita berbangga karena Batam cepat merespon fenomena positif ini," ucap Ardi.

Diketahui dalam waktu dekat ini, creative event OneJunceng akan menggelar dialog eSport sekaligus turnament Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) mobile di Mall Botania 2, Batamcentre pada 30-31 Maret mendatang.

Dialog bertemakan "Fenomenal eSport di Kalangan Millenial" itu digagas untuk pertama kalinya oleh sejumlah pewarta di Batam.

"Jadi nggak hanya semata turnament video game, tapi kita juga edukasi dampak eSport itu sendiri," ujar Promotion Event OneJunceng, Icank.

Lanjut dia, ke depan event ini akan dijadikan agenda tetap. Karena, nasib para bibit-bibit atlet yang bermunculan ini akan menjadi PR bersama, termasuk instansi terkait. Apalagi, setelah diikut sertakannya eSport dalam Asian Games mendatang.

"Ini potensi besar. Kita lihat banyak gamers di Batam yang sudah sampai ke Jakarta untuk pertandingan Mobile Legend dan game lainnya. Sayang, pihak terkait lambat menangkap fenomenal positif tersebut," katanya.

Icank menyebut, dalam dialog nanti sejumlah narasumber dihadirkan. Diantaranya Pemerhati Game Indonesia, Leo Borys dari Jakarta, Gamers Batam, Olivia Gosandra serta dari Disbudpar Kota Batam dan Dinas Kominfo Kota Batam.

"Untuk dialog, selain peserta kita juga undang sejumlah pelajar dan mahasiswa," katanya.

Untuk layanan internet saat pertandingan, pihaknya bekerjasama dengan First Media dengan produk terbarunya rooter game experts.

Johanes Saragih, Program Gaming menambahkan, pertandingan ini model squad untuk satu map bakal ada dua pertandingan. Dan akan menghabiskan waktu sekitar 45 hingga 60 menit.

"Turnament ini akan belangsung selama dua hari, dengan sistem penghitungan poin," kata Johanes.

Lebih lanjut dijelaskannya, pemenang ditentukan dengan sistem poin. Setiap map akan dicari dua juara. "Kami akan melaksanakan 3 map. Jadi total nya ada 6 juara," ucap Johanes.

Lanjutnya, yang masuk dalam hitungan poin adalah squad yang bertahan dalam 10 besar. Poin ditentukan dari posisi, misal jika berada pada posisi 1 (chicken dinner) akan mendapatkan poin 100.

"Kami juga memberikan hadiah kepada pemain terbaik (MPV) yang dihitung berdasarkan kill terbanyak dari tiga map," tambahnya.

Jika waktu memungkinkan, panitia akan melaksanakan turnament solo pada hari kedua. Sementara itu, Lintar, Promotion Event MB2 Batamcentre menyebut, event PUBG mobile baru ini pertama kalinya diadakan di Batam.

Katanya, untuk lokasi pertandingan nanti sangat luas di atrium utama mall. Seperti apa keseruannya, hadiri event turnament PUBG mobile di MB2 Batamcentre.

(ude)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews