Nilai Ujian Siswa SMA Anjlok, Dianggap Gara-gara PUBG

Nilai Ujian Siswa SMA Anjlok, Dianggap Gara-gara PUBG

Game PUBG

PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds) versi mobile belakangan menjadi game yang begitu diminati pengguna smartphone dari berbagai umur dan kalangan. Game online ini sedang menjadi primadona, termasuk bagi anak-anak sekolah yang bisa memainkannya bersama-sama.

Namun, popularitas PUBG justru menimbulkan masalah bagi institusi pendidikan di India.

Menurut organisasi pendidikan Jammu and Kashmir Students Association, game battle royale tersebut berperan besar membuat nilai siswa SMA di sana jadi anjlok, terutama saat ujian yang digelar untuk kelas X dan XII. Hingga akhirnya, organisasi siswa tersebut meminta pimpinan Jammu and Kashmir, Satya Pal, untuk memblokir game tersebut.

Kehadiran PUBG Mobile di India bahkan dianggap menjadi hal yang lebih membahayakan dibandingkan penggunaan obat-obatan terlarang. Menurut asosiasi kesiswaan ini, PUBG merupakan hal yang bisa menimbulkan kecanduan sehingga tak baik dikonsumsi.

“Game itu harus segera diblokir supaya ujian siswa tak lagi buruk,” kata Wakil Kepala Jammu and Kashmir, Raqif Makhdoomi, dilansir Gadgets 360 NDTV.

“Kecanduan game tersebut lebih mengkhawatirkan dibandingkan kecanduan obat terlarang. Kami melihat anak-anak memakai ponsel dan bermain 24 jam dan tidak melakukan apapun,” imbuhnya.

Sampai sekarang, Tencent sebagai penerbit game PUBG Mobile belum memberikan respons terkait permasalahan tersebut. Sebelumnya, isu pemblokiran PUBG Mobile memang telah merebak di India sejak akhir tahun lalu.

PUBG Mobile saat ini telah tersedia untuk diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Game ini hadir berkat kolaborasi antara PUBG Corporation dan raksasa internet China, Tencent.

Sama halnya dengan versi PC dan Xbox One, pemain akan bertarung dalam sebuah pulau yang berisi 100 pemain untuk membuktikan diri menjadi 'last man standing' dengan memburu senjata terbaik untuk menghabisi lawan.

Pemain bisa memilih mode permainan, mulai dari bermain solo alias sendiri, duo, atau berkelompok. Selain itu, PUBG Mobile juga menyediakan beberapa pilihan peta permainan yang bisa dipilih sesuai keinginan.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews