Batam Jadi Salah Satu Kota yang Capai UHG Kepesertaan JKN-KIS

Batam Jadi Salah Satu Kota yang Capai UHG Kepesertaan JKN-KIS

Pendatangan kerjasama BPJS Kesehatan dengan Pemko Batam, Kepala BPJS Kesehatan dan Wali Kota Batam (Foto: Ist)

Batam - Kota Batam menjadi kota ke-184 yang telah mencapai universal health coverage (UHG) dari 514 kota yang ada di Indonesia. Capaian ini dilihat dari total peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia (JKN-KIS).

Dirjen pelayanan kesehatan BPJS kesehatan, Maya Rusadi mengatakan kepesertaan JKN-KIS di Kota Batam tercatat sebesar 1.020.487 orang atau sebesar 95.26 persen dari jumlah penduduk Kota Batam.

"Artinya ini merupakan capaian yang cukup tinggi," ujar Maya pada Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan deklarasi UHG kepesertaan JKN-KIS, di Kantor Wali Kota Batam, Senin (25/2/2019).

Maya menyebutkan sejak program 1 Januari 2014 dicetuskan, sampai saat ini kepesertaan JKN-KIS secara nasional sudah mencapai 217,6 juta jiwa atau sebesar 82 persen dari penduduk indonseia.

Melihat capaian Kota Batam, ia menyampaikan terimakasih Pemereintah Kota Batam mampu mengintegrasikan dengan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).  "Ini bentuk komitmen bersama program strategis negara," katanya.

Dengan adanya kerjasama BPJS Kesehatan dengan Pemko Batam dapat memastikan pelayanan kesehatan tidak mengalami kendala. Seperti ada seorang warga Batam yang belum tedaftar sebagai  kepesertaan JKN-KIS, maka langsung segera aktif tanpa menunggu satu bulan.

Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan perlu ada perubahan prosedur operasional standar antara rumah sakit dengan BPJS Kesehatan agar masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Selama ini, beberapa kali masyarakat tidak terlayani karena kepesertaannya bermasalah, ini bisa menjadi catatan," ujar Rudi.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews