Dapat Belasan Ribu Persil Sertifikat Tanah Gratis, Alias Wello Minta Camat Serius

Dapat Belasan Ribu Persil Sertifikat Tanah Gratis, Alias Wello Minta Camat Serius

Bupati Lingga, Alias Wello (Foto:ist)

Lingga - Bupati Lingga, Alias Wello memerintahkan para Camat, Kepala Desa dan Lurah di wilayah Kabupaten Lingga mensukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Hal itu disampaikannya usai melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lingga, Syaiful Masdar di Daik Lingga, Jumat (15/2/2019).

"Saya sudah perintahkan Kepala Bagian Pemerintahan untuk mengkoordinasikan kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah agar mensukseskan program PTSL Kementerian ATR/BPN ini," ujar Awe sapaan akrab Bupati Lingga ini.

Program PTSL yang populer dengan istilah sertifikasi tanah ini, jelas Awe, merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

"Masyarakat nantinya yang telah mendapatkan sertifikat tanah, dapat menjadikan sertifikat itu sebagai modal pendampingan usaha guna membantu meningkatkan perekonomian keluarga," katanya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari Kementerian ATR/BPN, Kabupaten Lingga mendapat alokasi program sertifikasi tanah gratis sekitar 13.000 persil yang tersebar di sekitar 58 desa dan kelurahan.

"Saya minta Camat, Kades dan Lurah betul-betul serius melaksanakan program ini. Saya sudah sampaikan kepada Kepala BPN Lingga, apabila ada Camat, Kades dan Lurah yang tak kooperatif, laporkan ke saya," tegasnya.

Ia tak ingin program-program pro rakyat yang digelontorkan di era pemerintah pusat ke daerah tak dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Apalagi, ini menyangkut kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, tahun ini Kementerian ATR/BPN memiliki target untuk mendaftarkan 9 juta bidang tanah diseluruh Indonesia. Diharapkan, dengan adanya program PTSL ini, permasalahan tanah di daerah dapat diminimalisir.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews