https://www.batamnews.co.id

ASN Harus Jaga Netralitas Jelang Pemilu

Ilustrasi

Tanjungpinang - Untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) gencar melakukan sosialisasi kepada ASN. Baik itu melalui sosialisasi khusus maupun pada saat apel Senin pagi.

"Kita terus lakukan sosialisasi untuk mengingatkan ASN agar bersikap netral dan tidak memihak siapapun," kata Kepala Bakesbangpol Kepulauan Riau, Lamidi beberapa waktu lalu, dilansir dari laman Diskominfo Kepri, Selasa (12/2/2019)

Ia menjelaskan, Bakesbangpol juga selalu menyisipkan sosialisasi netralitas ASN pada setiap amanat masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendapat giliran menjadi inspektur upacara.

"Dengan sosialisasi ini, kita harapkan setiap ASN dapat menyadari aturan terkait kenetralan tersebut," ujarnya.

Lanjut dia, pihaknya juga tak melarang kehadiran ASN pada kampanye dan acara-acara partai politik. Tapi, yang dilarang yaitu, kehadiran ASN pada aktivitas kampanye dengan menggunakan atribut dan fasilitasnya sebagai ASN.

"Mereka boleh hadir karena mereka kan juga pemilih, jadi berhak untuk melihat visi dan misi calon legislatif yang bakal dipilih," ucapnya.

Dengan demikian, ia berharap ASN di Kepulauan Riau bisa bersifat netral. Sehingga, pada pemilu mendatang tidak terjadi pelanggaran pemilu, terutama yang melibatkan ASN.

(ruz)


Berita Terkait