https://www.batamnews.co.id

Lautan Pasir Gunung Bromo Mendadak Jadi Sungai

Hamparan pasir di Gunung Bromo mendadak menjadi sungai (Foto:Kompas)

Jatim - Fenomena tak biasa terjadi di Gunung Bromo. Salah satu destinasi wisata tersohor Jawa Timur itu terkenal akan hamparan luas pasir dengan pemandangan yang menakjubkan.

Namun cuaca buruk yang melanda menerjang kawasan tersebut selama beberapa hari ini memunculkan fenomena mistrius. Lautan pasir di Gunung Bromo berubah menjadi sungai dengan aliran air yang deras.

Dalam video yang diposting ke Instagram oleh Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, terlihat kumpulan mobil-mobil offroad yang menepi di pinggir sungai dadakan di lautan pasir Gunung Bromo.

Menurut Sutopo, kejadian ini sebenarnya sering terjadi jika hujannya memang sangat deras dan berlangsung lama.

"Limpasan permukaan yang membentuk sungai di Laut Pasir Gunung Bromo. Air berasal dari hujan deras di wilayah Pasuruan. Bukan dari wilayah Kaldera Gunung Bromo," ucap Sutopo.

Dia memastikan jika fenomena sungai di lautan pasir Gunung Bromo ini merupakan kejadian biasa yang sering terjadi saat musim hujan. Dalam setahun, fenomena ini bisa berlangsung sebanyak 2-3 kali.

"Tidak ada korban jiwa. Malah sering jadi tempat foto selfie para wisatawan," ucap Sutopo yang tak lupa mengingatkan wisatwan yang berkunjung untuk membawa mantel, jas hujan dan jas tebal karena cuaca yang sangat dingin.

Sementara itu, mengutip akun instagram @wartabromo, Kepala Seksi Pengelolaan Wisata Wilayah I Taman Nasional Bromo, Tengger Semeru, Sarmin mengatakan, curah hujan saat ini memang berpotensi membuat kawasan-kawasan itu tergenang air dan menyebabkan banjir.

"Situasi ini akan membuat struktur hamparan pasir akan lembek. Sehingga membentuk sungai-sungai bersifat sementara" ucapnya.

Nah buat kamu yang ingin berlibur ke Bromo, tetap hati-hati ya.

(*)