Masih Banyak Daerah Tanpa Sinyal, BagKominfo dan Humas Lingga Temui Telkomsel

Masih Banyak Daerah Tanpa Sinyal, BagKominfo dan Humas Lingga Temui Telkomsel

Plt Kabag Kominfo dan Humas Lingga mengunjungi Provider Telkomsel di Batam (Foto:Ist)

Lingga - Geografis Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau yang terdiri dari ratusan pulau kecil dan besar mempengaruhi konektivitas pemerataan jaringan telekomunikasi. Banyak daerah di Lingga yang kesulitan mendapatkan akses tersebut.

Menanggapi hal itu, Pemerintah daerah melalui Bagian Kominfo dan Humas di Setda Lingga, mendatangi provider Telkomsel di Kota Batam, Jumat (4/1/2019).

"Seperti disampaikan pihak Telkomsel, di tahun 2019 ini mereka belum ada rencana membangun site (tower) baru, sehingga diharapkan inisiatif Pemkab untuk menyurati Telkomsel pusat dan Kemenkominfo untuk permintaan tower baru bila dibutuhkan," kata Plt Kabag Kominfo dan Humas Lingga, Buana Fauzi Februari kepada Batamnews.co.id, Minggu (6/1/2019).

Lanjutnya, tahun ini Telkomsel hanya meningkatkan kapasitas dan kualitas sinyal di Kabupaten Lingga dari yang hanya 2G ke 3G dan hingga ke 4G. Namun demikian, Buana mengatakan berdasarkan penuturan pihak Telkomsel, wilayah Desa Tanjung Kelit, Kecamatan Bakung Serumpun, memungkinkan untuk dibangunnya tower telekomunikasi.

"Hanya saja masih terdapat beberapa kendala salah satunya pasokan listrik yang belum memadai. Dengan dibangunnya tower di Tanjung Kelit sebenarnya diharapkan dapat mengcover daerah sekitarnya termasuk pelabuhan Sungai Tenam yang berjarak hanya beberapa kilometer," ujarnya.

Sementara itu, Manager Network Services Telkomsel Batam, Andi Suapril mengaku sangat mengharapkan dukungan dari Pemkab Lingga dalam bentuk penyediaan lahan dengan bentuk skema pinjam pakai seperti yang sudah dilakukan di Natuna dan Anambas. Kemudian juga didukungan pasokan listrik minimal 12 jam untuk pembangunan tower di wilayah pulau.

"Lahan tolong dicarikan dan listrik tolong disediakan nanti tagihannya kami yang bayar ke PLN" kata Andi,

Ia menjelaskan ada aturan yang memoratorium Pemda membangun infrastruktur tower sehingga bila hanya mengharapkan Telkomsel yang membangun tentu butuh waktu. Dengan demikian terbuka peluang untuk BUMD atau swasta murni yang membangun tower dan disewakan ke para provider termasuk Telkomsel.

Diketahui, Bupati Lingga, Alias Wello sejak awal menjabat sudah melakukan upaya meningkatkan jaringan telekomunikasi di Lingga dan Bagian Kominfo Humas Setda Lingga mendapat tugas untuk mewujudkan Lingga tanpa blank spot dengan solusi pendirian Tower baru atau menggunakan jaringan FO, Palapa Ring Barat dengan sesegera mungkin.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews