Lingga Tambah Dua Puskesmas Terakreditasi Kemenkes

Puskesmas Daik Lingga berhasil lulus akreditasi kategori madya oleh Kemenkes RI (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Dua puskesmas di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, berhasil lulus akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kategori madya. Kedua puskesmas tersebut yakni, Puskesmas Daik dan Senayang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Zainal Abidin melalui Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, kedua puskesmas tersebut sudah menjalani proses akreditasi akhir tahun 2018 lalu bersama tiga puskesmas lainnya di Lingga.

Namun, baru Puskesmas Daik dan Senayang yang keluar hasil akreditasi tersebut. Sementara Puskesmas Pancur, Tajur Biru dan Sungai Pinang diperkirakan akan diumumkan pada Maret hingga April mendatang.

"Pengumumannya tidak serentak karena berlainan tanggal survei. Kalau Puskesmas Tajur Biru, kan akhir November 2018, kemungkinan keluar nanti di bulan Maret 2019. Kemudian Pancur sama Sungai Pinang, di akhir Desember 2018, keluar hasil surveinya di bulan April 2019 kemungkinan," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (29/1/2019).

Mudlofir mengaku, belum bisa memastikan apakah ketiga puskesmas tersebut akan menyusul dua puskesmas yang telah dulu lulus akreditasi. Pasalnya, ketiga puskesmas itu masih menunggu hasil laporan dari surveior yang melakukan survei di puskesmas tersebut, dan akan disidang terlebih dulu di komisi mutu dan akreditasi Kemenkes RI.

"Nanti ketiga puskesmas ini bisa saja tidak lulus, bisa lulus dasar, madya, utama atau paripurna. Tapi mudah-mudahan lulus. Kalau lulus paripurna, di Kepri belum ada, kalau utama sudah banyak terutama di Kota Batam," ujarnya.

Diketahui, dari 11 puskesmas yang berdiri di Kabupaten Lingga, saat ini sudah ada lima yang terakreditasi Kemenkes RI. Dua diantaranya tingkat dasar dan tiga tingkat madya. Sementara tiga lainnya tinggal menunggu pengumuman hasil akreditasi dan tiga lagi belum terakreditasi.

(ruz)