https://www.batamnews.co.id

Festival Pionering SBH Lingga Tingkatkan Kreativitas Pramuka Penggalang

Pionering berbentuk perahu yang dibuat oleh pramuka penggalang di Singkep (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Satuan Karya (Saka) Pramuka Bakti Husada (SBH) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lingga menggelar Festival Pionering 2019 di Gedung Nasional Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Minggu (27/1/2019).

Pimpinan SBH Pramuka Lingga yang sekaligus menjabat sebagai Waka III Kwarcab Lingga, Sutarman Tirta Sukmana mengatakan, Festival Pionering tersebut digelar dalam rangka giat SBH 2019.

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kreativitas para pramuka penggalang dalam membuat pionering dengan berbagai bentuk," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (28/1/2019).

Ia menjelaskan, pionering yang dibuat ada bermacam-macam, mulai dari tiang bendera, burung merak, kapal layar, pesawat, helikopter, kuda terbang hingga yang paling unik adalah pionering berbentuk kelong yang diaplikasi oleh adik-adik penggalang.

"Festival Pionering ini diikuti oleh 48 Regu, terdiri dari utusan Kwarran Singkep, Singkep Pesisir, Singkep Barat dan Kwarran Selayar dengan jumlah peserta 284 orang," ujarnya.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Kwarcab Lingga, Junaidi Adjam ini juga memilih para peserta terbaik. Pionering yang dibuat, dinilai oleh juri, mulai dari kategori penggalang tingkat SD hingga SMP.

Berikut juara Festival Pionering 2019 yang digelar SBH Pramuka Lingga:

1. Golongan Penggalang SD Putra

Juara 1: SDN 008 Singkep
Juara 2: SDN 003 Singkep Barat
Juara 3: SDN 002 Singkep Barat

2. Golongan Penggalang SD Putri

Juara 1: SDN 003 Singkep Barat
Juara 2: SDN 011 Singkep
Juara 3: SDN 002 Singkep Barat

3. Golongan Penggalang SMP Putra

Juara 1: SMPN 2 Singkep Barat
Juara 2: SMPN 2 Singkep
Juara 3: SMPN 1 Singkep

4. Golongan Penggalang SMP Putri

Juara 1: SMPN 3 Singkep Barat
Juara 2: SMPN 2 Singkep
Juara 3: SMPN 2 Singkep Barat

(ruz)