Pemprov Kepri Bangun Tiga Ruas Jalan di Lingga Tahun Ini

Pemprov Kepri Bangun Tiga Ruas Jalan di Lingga Tahun Ini

Akses jalan menuju Desa Belungkur begitu parah saat musim hujan beberapa waktu lalu (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Kondisi akses jalan darat di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, banyak yang memprihatinkan. Baik yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten, maupun provinsi.

Namun, di tahun 2019 ini untuk ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Kepri di Lingga, ada tiga ruas yang rencananya akan dilakukan pembangunan. Ketiga ruas jalan tersebut yakni, jalan Lintas Timur Pulau Lingga, Pelabuhan Roro dan Desa Belungkur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-PKP) Lingga, Said Nursyahdu melalui Kepala Bidang (Kabid) Binamarga dan Jasa Konstruksi, Indra Asmara Putra mengakui parahnya ketiga akses jalan tersebut.

"Ini informasi yang kami dapat dari Pemprov. Kalau kapan dibangunya kami tidak tahu pasti, karena lelangnya di provinsi," kata Indra kepada Batamnews.co.id, Jumat (25/1/2019).

Namun, Indra mengatakan berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, proses lelang dilakukan awal tahun. Maka, usai lelang baru lah pembangunan tersebut dapat dilakukan.

"Dari arah Musai ke simpang Kerandin itu panjang jalannya sekitar 3 kilometer (km) lebih lah. Termasuk yang di Belungkur. Tapi panjangnya belum tahu," ujarnya.

Selanjutnya kata Indra, jalan menuju Pelabuhan Roro Penarik juga akan dibangun tahun ini. Hal itu karena kondisi jalan tersebut merupakan akses vital yang setiap harinya dilintasi pengguna jasa roro, tapi memiliki tanjakan curam.

"Jalan menuju Pelabuhan Roro Penarik itu jalan provinsi juga, ada SK nya. Jadi Insya Allah tahun ini mereka akan kerjakan," katanya.

Sebenarnya, di Lingga masih banyak jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Kepri kondisinya demikian parah. Salah satunya yakni jalan menuju Desa Rantau Panjang, Kecamatan Lingga Utara.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews