Gara-gara Bagasi Berbayar, 6 Penerbangan dari Batam Dibatalkan

Suasana Bandara Hang Nadim, Rabu (23/1/2019). (Foto: Koko Rimba/Batamnews)

Batam - Suasana lengang tampak di Bandara Hang Nadim memasuki hari ke-2 diberlakukannya tarif bagasi oleh maskapai penerbangan Lion air, Rabu (23/1/2019).

Dalam pantauan batamnews.co.id, konter-konter Lon Air tampak sepi. Tampak beberapa calon penumpang maskapai lain.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso mengatakan sepinya penumpang pagi ini dikabarkan beberapa maskapai penerbangan membatalkan tujuan rute penerbangan dari Batam.

"Tiga maskapai melakukan pembatalan penerbangan dari Batam tujuan ke sejumlah daerah di Indonesia. Sejak senin kemarin memang sepi, dan ada beberapa maskapai yang cancel, alasannya  karena sepi penumpang," katanya.

Tiga maskapai tersebut adalah Lion Air, Garuda Indonesia dan Citilink. Enam tujuan keberangkatan dibatalkan. Rencananya 3 maskapai tersebut akan melakukan penerbangan untuk 2 kali keberangkatan. Rata-rata keberangkatan di Bandara Hang Nadim ada 7 hingga 9 penerbangan (flight) per harinya.

Suwarso menyebutkan, beberapa rute penerbangan yang dibatalkan diantaranya dengan tujuan ke Palembang, Padang, Pekanbaru, Surabaya, Medan, dan Jakarta.

"Rata-rata penumpang turun hampir 10 persen dari data penumpang normal," ujarnya 

Suwarso menambahkan, penyebab sepinya penumpang dikarenakan masa liburan sudah usai. Selain itu, tingginya harga tiket juga berpengaruh.

"Harga tiket saat ini sedang naik-naiknya, mungkin para penumpang memilih untuk menahan dulu untuk berpergian keluar kota," tambahnya.

Kondisi ini diprediksi akan berlangsung hingga jumat mendatang. 

"Kira kira sampai jumat ini akan sepi penumpang. Namun, kita belum tahu lagi berapa yang cancel karena laporannya bisa setiap saat," pungkasnya.

(jim/sya)