Tiban Mentarau dan Tembesi Akan Dibangun Puskesmas

Tiban Mentarau dan Tembesi Akan Dibangun Puskesmas

Kepala Sub Bagian Program, Dinas Kesehatan Kota Batam, Arlan Yulfar

Batam - Dinas Kesehatan Kota Batam berencana akan menambah dua puskesmas di daerah Tiban Mentarau dan Tembesi.

Kepala Sub Bagian Program Dinas Kesehatan, Arlan Yulfar mengatakan, penambahan satu puskesmas di daerah Tiban Mentarau ini pengerjaannya sudah masuk ke pengerjaan masa tayang.

“Dokumen lahan semuanya sudah oke. InsyaAllah 2019 akan dibangun,” ujarnya saat ditemui di kantor Dinas Kesehatan, Jumat (18/1/2019).

Arlan melanjutkan, dia berharap secara teknis hal itu sudah bisa dikerjakan dengan segera. “Agar kebutuhan masyarakat terpenuhi di daerah sana, karena mereka sekarang kan agak jauh kalau ke Sekupang,” ucapnya.

Sedangkan di daerah Tembesi, Arlan menyebutkan sebenarnya untuk kawasan itu sudah layak didirikan puskesmas. Karena rasio penduduknya sudah mencapai 30 ribu jiwa penduduk.

“Cuma terkendala lahan. Kita berharap di tahun 2020 sudah bangun puskesmas di sana,” kata Arlan.

Penambahan dua puskesmas ini sebenarnya masih kurang. Karena jumlah penduduk Batam yang mencapai 1,2 juta jiwa. Sedangkan seharusnya puskesmas disediakan dirasio 30 ribu jiwa untuk satu puskesmas.

Menurutnya, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah terkendala lahan. “Pemko juga berhati-hati soal lahan, jangan sampai lahannya belum matang dan bermasalah,” kata Arlan.

(ude)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews